Kades Asep Wahyudi : Perekonomian Masyarakat Anggadita menjadi prioritas utama pasca pandemi dengan membangkitkan UMKM

 

Kepala Desa Anggadita H. Asep Wahyudi

beritatandas.id, karawang – Penyusunan RKPDes tahun 2022 Kantor Desa Anggadita menggelar Musrenbangdes di aula kantor desa anggadita yang dipimpin langsung oleh Kades Anggadita H. Asep Wahyudi yang disapa Ayah Roy yang di hadiri oleh pendamping Desa, Sekdes Anggadita, Bumdes, Karang Taruna, para rt, Posyandu, Pkk desa anggadita, Staf desa anggadita dan perwakilan masyarakat desa anggadita,”Rabu (29/09/21)

Hasil dari musrenbang anggaran 2022 Desa Anggadita kecamatan Klari memprioritaskan perekonomian masyarakat Anggadita di pasca pandemi dengan membangkitkan UMKM.

“Skala prioritas di musrenbang 2022,kita terfokus pada pemulihan ekonomi,baik sarana maupun prasarana,diantaranya dengan meningkatkan infrastruktur sebagai penunjangnya”,ucapnya saat diwawancara di kantornya,pada Rabu 29 September 2021.

Lebih lanjut ia memaparkan ada 7 dusun akan didata,wilayahnya yang terdampak signifikan karena pandemi.

“Disana kita fokuskan untuk pemulihan ekonomi,dengan menghadirkan UMKM agar masyarakat bisa bangkit”,ucapnya.

Kades menambahkan akan melibatkan Karang Taruna dan masyarakat untuk dijadikan pelaku UMKM didesa Anggadita untuk meningkatkan perekonomian rakyat

“Kita akan melibatkan anak muda melalui Karang Taruna nantinya akan dijadikan sebagai para pelaku, nantinya dari karang taruna merekalah yang akan berjalan bukan dari pemerintahan desa itu sendiri”,ucapnya.

Kades pun berharap musrenbang 2022 bisa terealisasi sesuai usulan Musdus,bagi kemajuan masyarakat desa baik pembangunan infrastuktur maupun peningkatan ekonomi.

Semoga terealisasi semua, dan tujuan penigkatan ekonomi bisa tercapai dan bisa berjalan untuk mensejahterakan masyarakat dan untuk mengurai pengangguran yang ada di Desa Anggadita”,harapnya.

Sementara itu Yusuf Jayadi ketua Bumdes menyampaikan Kegiatan Bumdes 2021 dan diajukan di tahun 2020 sudah diajukan terkait dengan pengembangan usaha namun tidak direalisasi karena pandemi

Ketua Bumdes Yusuf Jayadi

“Namun atas kebijakan kades adanya perubahan dan dialihkan anggarannya ke penanganan Pandemi,tentunya membuat Bumdes ini tidak bisa bekerja maksimal karena tidak ada anggaran, kami disini masih baru “,ucapnya.

Reporter : Lex