Kemenpora Harap Rakernas KONI 2023 Hasilkan Program Strategis untuk Kemajuan Olahraga Nasional

Jakarta: Staf Ahli Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Dwijayanto Sarosa Putera mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menghadiri acara Pembukaan Rapat Kerja Nasionas (Rakernas) Komite Olahraga Nasional (KONI) tahun 2023 yang diselenggarakan di Golden Ballroom Hotel Sultan, Senayan Jakarta, pada tanggal 12-13 Maret 2023.

Dalam sambutannya, Dwijayanto menyampaikan salam hormat dan permohonan maaf dari Menpora Amali karena yang tidak bisa hadir dalam acara ini karena pada kesempatan yang sama ada acara yang tidak dapat tinggalkan.

Dia pun menyampaikan bahwa Menpora Amali mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas terselenggaranya Rakernas KONI Pusat tahun 2023.

“Kami Kementerian Pemuda dan Olahraga sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Rapat Kerja Nasional KONI yang diselenggarakan pada hari ini dan besok,” ujar Dwijayanto membacakan sambutan Menpora Amali.

Selanjutnya, disampaikan bahwa KONI merupakan lembaga yang bertanggung jawab dalam mengembangkan olahraga nasional dan memegang peranan yang sangat penting dalam mengembangkan bibit-bibit atlet muda dan potensial. Selain itu, KONI juga bertanggung jawab dalam mencetak atlet berprestasi sebagaimana tujuan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Untuk itu, kami yakin nanti di dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun ini tentunya akan dibahas terkait berbagai hal-hal yang strategis dan program-program kerja dalam rangka memajukan olahraga di Indonesia,” katanya.

Dalam beberapa tahun terakhir, lanjutnya, Indonesia mengalami kemajuan dalam dunia olahraga. Namun, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengembangkan potensi olahraga nasional agar ke depan lebih berprestasi lagi di tingkat dunia.

“Melalui Rakernas ini, kami mengharapkan dapat memberikan nilai tambah untuk pembinaan atlet dalam rangka mempersiapkan para atlet kita dalam menghadapi multi event untuk tahun 2023,” katanya.

Dalam waktu dekat, ada event SEA Games Kamboja 2023 dan Asian Games Guangzhou Tiongkok tahun 2023. “Dan tentunya kita harapkan adanya peningkatan prestasi yang dapat diperoleh oleh para atlet kita nanti,” harapnya.

Selain itu, disampaikan juga bahwa pada tahun 2024 Indonesia akan menyelenggarakan event nasional berupa PON XXI Tahun 2024 yang diselenggarakan di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Menurutnya, PON kali ini merupakan PON pertama yang diselenggarakan di dua provinsi yaitu Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Tentunya, PON kali ini akan menjadi pengalaman pertama dan tidak mudah. Namun pemerintah meyakini bahwa Ketua KONI dan jajaran mampu melaksanakan dengan baik.

“Semoga PON ke-XXI Tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Dan tentunya sukses ini adalah minimal 4 sukses yang dapat kita raih yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi, dan tentunya adalah sukses administrasi,” pumgkasnya.

Hadir dalam acara ini antara lain Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti, para pimpinan cabang olahraga, Ketua KONI se-Indonesia, dan para Kadispora.