Kondisi Cuaca Labil, Anggota Sat Brimob Polda Jabar Laksanakan Patroli Sar Wilayah Cipanas Cianjur

Cianjur, beritatandas.id – Waspada bencana banjir bandang, angin kencang dan longsor Anggota Kompi 4 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jabar melaksanakan patroli SAR di wilayah Cipanas Cianjur lokasi rawan longsor dan bencana banjir yang berada di Kp. Tarigu dan Desa GSP sekitar wilayah Cipanas Kabupaten Cianjur.

Sat Brimob Polda Jabar mengunjungi salah satu saluran air wilayah Kp.Tarigu dan Tebing di Desa GSP Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengatakan bahwa tujuan patroli SAR ini untuk memberikan himbauan kepada masyarakat agar berhati hati di situasi cuaca yang tidak menentu dan berubah ubah seperti ini, dengan kehadiran Sat Brimob Polda Jabar sedikit banyak memberikan rasa aman kepada masyarakat yang melaksanakan aktifitas, serta memantau perkembangan volume air yang berada di saluran air khususnya di wilayah Kp.Tarigu dan memantau kondisi tebing di Desa GSP Cipanas Cianjur.

“Dalam pengecekan yang dilaksanakan oleh tim patroli SAR terlihat saluran air yang berada di Kp.Tarigu yang terlihat ada kenaikan debit air yang dapat mengakibatkan banjir setelah diguyur hujan, air yang berada di saluran air pun mengalir dalam keadaan normal, sedangkan untuk tebing di Desa GSP masih terpantau dalam kondisi yang aman walaupun ekskalasi hujan agak cukup tinggi.” ucap Ibrahim Tompo.

“Disamping itu juga tim patroli SAR menghimbau kepada masyarakat yang berada di sekitar saluran air agar tetap waspada dengan cuaca yang sekarang sudah sering terjadinya hujan setiap harinya dan jangan membuang sampah sembarangan ke dalam saluran air agar tidak menyumbat aliran air dan juga menghimbau masyarakat di Desa GSP agar selalu berhati-hati terhadap kemungkinan longsor serta saling mengingatkan kepada masyarakat di sekitar tebing agar selalu waspada, apabila ada kejadian longsor langsung melaporkan kepada pihak keamanan di sekitar khusus nya Polri.” tutur Ibrahim Tompo.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengatakan, “Kegiatan SAR yang dilakukan oleh Kompi 4 Batalyon B Pelopor ini untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan longsor khususnya di wilayah Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur dengan melaksanakan patroli dibeberapa tempat yang di anggap rawan bencana banjir dan longsor, kami juga memberikan himbauan kepada masyarakat yang berada di lingkungan sekitar saluran air dan Tebing untuk selalu waspada jika terjadi hujan”, ucapnya.

“Kami juga sudah menyiapkan personil serta peralatan yang dimiliki oleh kesatuan jika terjadi suatu bencana yang membutuhkan personil dari anggota Sat Brimob Polda Jabar, dan mereka sudah siap untuk digerakkan”, tutup Ibrahim Tompo.

Redaksi