KPU Purwakarta Bakal Gelar Debat Publik Calon Bupati

Purwakarta, beritatandas.id – Tidak lama lagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta bakal melaksanakan kegiatan debat publik antar pasangan calon bupati/wakil bupati pada Pilkada 2024.

“Debat paslon sedang kita siapkan. Rencana, awal November kita gelar,” kata Ketua Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Purwakarta, Oyang Este Binos, Sabtu (5/10/2024).

Menurutnya, debat dalam rangka pendalaman visi misi dan program calon orang nomor satu dan nomor dua di Pemkab Purwakarta periode 2024-2029 tersebut akan digelar dan disiarkan secara live di TV nasional.

Karenanya, bagi calon pemilih yang tidak berkesempatan hadir di lokasi debat karena persoalan kapasitas tempat, bisa tetap menyaksikannya di layar TV. Debat akan dilaksanakan dua kali sepanjang musim kampanye 25 September-23 November 2024.

“Debat ini kan bagian dari kegiatan kampanye paslon. Melalui debat, masyarakat bisa mengetahui kapasitas masing-masing paslon, dalam hal upaya penyelesaian masalah, maupun menyangkut program-program strategis apa yang akan mereka lakukan kedepan jika terpilih,” jelas Binos.

Ia menyarankan masing-masing paslon menyiapkan diri menghadapi agenda tersebut, sehingga pada waktunya bisa tampil optimal demi meyakinkan para calon pemilih. KPU juga mengaku sedang menyiapkan sejumlah pertanyaan yang akan diajukan saat debat nanti.

“Jadi, siap-siap aja. Paslon harus tampil meyakinkan, biar calon pemilihnya tambah yakin mereka tidak salah pilih,” tandas Binos.

Diketahui, Pilkada Purwakarta 2024 diikuti oleh empat pasangan calon. Nomor Urut 1 Paslon Saepul Bahri Binzein-Abang Ijo Hapidin, Nomor urut 2 Yadi Rusmayadi-Pipin Sopian, Nomor urut 3 Ambu Anne Mustika-Budi Hermawan dan nomor urut 4 Zainal Arifin-Sona Maulida Roemardi. Pemungutan dan penghitungan suara di TPS akan digelar serentak nasional pada 27 November 2024.***

Reporter: Gani