Kutip Dawuh Pendiri NU KH Hasyim Asy’ari, Asep Suherman: Petani Penolong Negeri

Bandung, beritatandas.id – Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat Asep Suherman mengajak semua elemen yang ada baik di pemerintahan maupun masyarakat agar mendukung dan mendoakan petani.

Asep menyebut bahwa profesi seorang petani sebagaimana yang di sebutkan oleh Pendiri NU KH. Hasyim Asy’ari bahwa petani adalah penolong negeri.

“Petani penolong negeri, itu terbukti pada saat kondisi krisis akibat pandemi Covid-19 selama dua tahun kemarin sektor pertanian berkontribusi menyelamatkan kondisi ekonomi kita,” ujar Asep Suherman kepada Agutus 29 2022.

Bahkan, Asep menyebut disaat sektor lain terdampak oleh pandemi Covid-19 pertanian disebutnya justru mengalami pertumbuhan positif.

“Pada tahun 2021 lalu kinerja ekspor pertanian terus meningkat, berkontribusi sebesar 3 persen dari keseluruhan ekspor Indonesia,” ujarnya.

Karena itu, menurut Asep sektor pertanian butuh dukungan dari semua element agar kedepan produktivitasnya bisa lebih meningkat.

“Dan tentu petani mengalami perbaikan dari sisi ekonomi, kalo petani kita sejahtera tentu Indonesia sejahtera, karena sebagian besar atau masyarakat kita berprofesi sebagai petani,” paparnya.

Senada dengan itu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kinerja ekspor pertanian memang semakin mentereng. Sepanjang 2020, ekspor pertanian Indonesia telah mencapai Rp 451,8 triliun, naik 15,79 persen dari periode sebelumnya yaitu Rp 390,16 triliun.***

 

Redaksi