Legislator Jabar FPKB Asal Depok Bang Faiz Sebut Baim Wong Tidak Punya Hak Patenkan Citayam Fashion Week

Depok, beritatandas.id  – Anggota DPRD Jawa Barat M Faizin memberikan respon terkait pendaftaran Citayam Fashion Week ke dalam Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) oleh perusahaan milik pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoven PT. Tiger Wong Entertainment.

Faizin yang merupakan legislator PKB asal Kota Depok menyebut Baim Wong dan Paula Verhoven tidak punya hak untuk mematenkan nama Citayam Fashion Week.

“Citayam Fashion Week ini kan sesungguhnya kreasi masyarakat yang muncul dari masyarakat banyak artinya ini bukan milik pribadi pribadi saat ini,” kata Faizin kepada wartawan Senin, 25 Juli 2022.

Bang Faiz sapaan akrab Faizin, menilai Citayam Fashion Week muncul dari sesuatu yang tidak diduga sehingga masyarakat akhirnya melabelkan ini.

“Maka sesungguhnya Baim Wong tidak punya hak untuk mematenkan ini karena ini sebenarnya ini hak publik. Kan Hak paten bisa dipatenkan kalau itu hasil kreasi sendiri atau berupa merek atau berupa temuan-temuan baru,” paparnya.

Selanjutnya Bang Faiz menjelaskan Citayam Fashion Week sebagai karya budaya yang muncul secara nature, secara natural dari masyarakat yang didominasi oleh anak-anak muda dari Sudirman, Citayam, Bojonggede, dan Depok.

“Saya kira yang berhak sesungguhnya adalah pemerintah, sebaiknya pemerintah mematenkan ini kemudian ini dibuka untuk kepentingan publik jadi pematenan ini bukan untuk mencari keuntungan semata tapi ini untuk menjaga kekayaan budaya masyarakat kita yang tercipta dengan ide-ide kreatifnya anak-anak muda, bukan milik pribadi pribadi,” ujarnya.

Kepentingannya adalah mengamankan hasil proses kreasi dari anak-anak muda ini untuk bisa digunakan oleh semua masyarakat, bisa menggunakannya tentu dengan apa dengan ketentuan-ketentuan yang sudah disepakati.

“Saya menyarankan pemerintah dalam ini Kementerian Parekraf atau Pemerintah Provinsi di Jakarta karena lokasinya Jakarta atau pemerintah kota Depok bersama-sama mematenkan ini agar ini bisa digunakan dan seterusnya ditata, dikelola tadi lebih baik lagi untuk kepentingan masyarakat banyak,” paparnya.

Adapun terkait aktivitas Citayam Fashion Week yang saat ini masih di jalan, Bang Faiz menyarankan pemerintah menyiapkan ruang terbuka yang memang fungsinya untuk memfasilitasi kreativitas masyarakat di wilayah tersebut.

“Saya kira artis seperti Baim Wong yang Berencana untuk mematenkan ini perlu melihat dan mencermati bahwa ini sesungguhnya adalah milik masyarakat dan itu tidak boleh diklaim secara pribadi pribadi untuk kepentingan sendiri itu karena kalau dipatenkan oleh perorangan itu nanti tidak ada hak publik untuk menggunakan,” ungkapnnya.

“Saya kira ini bukan temuannya Baim Wong, kata-kata Citayam Fashion Week ini kan respon publik saja gitu,” sambungnya.

Terakhir Bang Faiz meminta pemerintah yang akan mengeksekusi terkait pengembangan ide kreatif ini agar lokasi Citayam Fashion Week bisa tetap di yang bisa diakses mudah oleh transportasi massal artinya yang tidak jauh transportasi massal seperti stasiun atau MRT.

“Agar publik bisa mudah mengaksesnya yang memang andaikata nanti dikembangkan sehingga activity ini tidak di jalan lagi tapi di ruang publik yang memang disiapkan secara baik,” pungkasnya.***

 

Redaksi