Lima Desa Dapat Bantuan, Pengerjaan Banprop Pertanian Di Purwakarta Terhambat Virus Corona

beritatandas.id, PURWAKARTA – Mayoritas para kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Purwakarta yang mendapatkan bantuan propinsi (Banprop)Jabar yang diperuntukan untuk bidang Pertanian pembuatan jaringan irigasi tersier (Jides) dengan pagu angggaran berkisar dari 25 jita-35 juta dalam pengerjaanya belum selesai bahkan ada yang baru mulai di kerjakan dengan alasan adanya wabah virus Corona yang sedang melanda di seluruh dunia.

” Pengerjaan Jides maupun drainase banprop pertanian ini tersendat dan baru di mulai di karenakan lambat ga ada yang kerja maklum karena virus Corona.” Ujar Endang selaku ketua Poktan Desa Palinggihan Kecamatan Plered, Purwakarta pada media.

Endang menjeaskan meskipun belum ada yang mau kerja namun pihaknya sudah belanja matrial yang disiapkan untuk pembangunan irigasi pertanian di desa Palinggihan yang area persawahanya berdekatan dengan proyek kereta cepat ini.

” Untuk persiapan pembuatan irigasi ini saya udah persiapan beli matrial, seperti apsir batu belah, dan semen dalam waktu dekat ini siap dikerjakan.” tegas Poktan

Berbeda dengan pengerjaan banprop di Desa Gandasoli, Kecamatan Plered, pengerjaan baru terlihat 40 persen namun pantauan di lapangan tidak ada yang kerja hanya gundukan matrial pasir dan batu belah masih teronggok disisi jalan dekat persawahan.

“Ya pengerjaanya belum beres baru setengahnya karna tidak ada yang kerja kami khawatir dengan virus Corona makanya terhambat ‘papar Eje Ketua Poktan Gandasoli.

Namun sayangnya dari semua Poktan yang mengerjakan banprop pertanian ini masih mengabaikan prosedur pantauan media di lapangan di lokasi pengerjaan banprop belum di pasang papan keterangan proyek padahal kegiatan ini anggaranya bersumber dari bantuan negara .

” Terus terang belum dipasang papan proyek karna belum di buat.” Ujar Poktan ini.

Sedangkan bantuan banprop pertanian ini di kabupaten Purwakarta terdapat lima desa yang mendapatkan bantuan pertanian Tahun 2020 yakni Desa Gandasoli, Palinggihan, Gandamekar, kecamatan Plereda serta Desa Lingga Mukti, Desa Linggasari Kecamatan Darangdan.

(Fulzo)