LPK NTC Sosialisasi Program Pemagangan ke Jepang, Ratusan Santri Antusias

beritatandas.id, Cirebon – Sebanyak 425 santri Buntet Pesantren Kabupaten Cirebon dan Pondok Pesantren Al Hikmah 2 Brebes mengikuti sosialisasi program pemagangan ke Jepang.

Giat yang digelar Selasa 14 September 2021 lalu, masing-masing berjumlah 250 santri saat sosialisasi di Buntet Pesantren Kabupaten Cirebon dan 175 di Pondok Pesantren Al Hikmah 2 Brebes.

Sosialisasi program pemagangan ke Jepang diselenggarakan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Nahdloh Training Center (NTC) bekerja sama Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Buntet Pesantren.

Bagi santri yang berminat dalam program pemagangan ke Jepang, akan dilatih LPK NTC secara profesional. Baik dari sisi keterampilan bahasa maupun profesinya.

Selain itu, para santri calon peserta program akan dikenalkan budaya Jepang. Sehingga para santri sudah profesional ketika bekerja di Jepang.

Direktur LPK NTC Masrur Ainun Najih mengatakan, para santri yang diberi pembekalan diharapkan dapat meningkatkan etos kerja dan kedisiplinan. Selain itu juga dapat meningkatkan kapasitas keterampilan dalam bidang kerja yang ditekuninya.

“Itu pertama. Karena akan disiapkan bekerja di negara industri maju,” kata Masrur.

Kedua, para santri diharapkan dapat melakukan peran People to People Diplomation. Saling bertukar budaya positif antara kedua negara Indonesia dan Jepang.

Ketiga, para santri yang menjadi peserta pemagangan diharapkan dapat melakukan peran dakwah bilhal, dengan bersikap atau berperilaku positif, bertutur kata dengan ramah, sebagai cerminan nilai Islam yang rahmatan lil alamin.

“Mendakwahkan Islam washatiyyah, Islam yang moderat di dunia internasional,” terangnya.

Karena itu, LPK NTC fokus bekerja sama dengan lembaga pesantren dalam program pemagangan ke Jepang. Karena pihak LPK ingin meningkatkan kapasitas santri di tengah perkembangan dunia industri.

Sejauh ini, LPK NTC sudah bekerja sama dengan beberapa pesantren baik di Jawa Barat maupun Jawa Tengah.

Selain di Bunten Pesantren Cirebon, kerja sama juga dengan salah satu pesantren di Subang dengan Pondok Pesantren Minhajut Thalibin dan di Jawa Tengah, LPK NTC juga bekerja sama dengan Pondok Pesantren Al Hikmah 2 Brebes.

Selain sosialisasi, kegitaan itu juga dilakukan penandatanganan nota kesepemahaman bersama (MoU) terkait program pemagangan santri ke Jepang.

Redaksi