Pemerintah Harus Bantu Ringankan Siswa Belajar Daring

beritatandas.id, BANDUNG – Anggota DPRD Jawa Barat Dadan Hidayatullah meminta pemerintah memberi kemudahan bagi siswa yang belajar secara online selama Covid-19. Kemudahan tersebut berupa layanan internet murah dan terjangkau bagi pelajar.

Sebab menurutnya, selama proses belajar dialihkan ke rumah, kebutuhan para orang tua bertambah. Sebab, mereka harus membeli kuota internet untuk kebutuhan anaknya sekolah. Padahal, selama masa pandemi, kondisi ekonomi tengah sulit.

“Jangan diremehkan, karena pembelian kuota internet juga membutuhkan uang. Sebagai bentuk perhatian, pemerintah harus ikut intervensi, membantu mereka,” paparnya, Jumat (24/7/2020).

Dia mengatakan, setiap sekolah bisa mendata jumlah siswa yang mengikuti belajar daring. Nantinya Dinas Pendidikan akan menindaklanjuti dengan mendata dan memberikan anggaran.

“Jika kebutuhan anggaran bisa disokong APBD ya malah lebih baik, apalagi APBN,” katanya.

Dia berharap, upaya tersebut bisa dilakukan pemerintah, sehingga proses belajar siswa selama masa pandemi tetap berjalan dengan baik.

“Jangan sampai ada anak tidak bisa belajar hanya gara-gara tidak punya kuota internet,” katan

Di luar itu, Iin juga berharap ada kenaikan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda). Menurutnya, solusi itu bisa meringankan beban siswa dan sekolah.

“Pendidikan harus menjadi skala prioritas pemerintah untuk kemajuan bangsa,” terangnya.

Redaksi