Pemuda Tani HKTI Jabar Dorong Pemerintah Buat Afirmasi Kebijakan Total untuk Petani dari Hulu Sampai Hilir

Bandung, beritatandas.id – Ketua DPD Pemuda Tani HKTI Jawa Barat H Oleh Soleh mengungkapkan acapkali petani tidak mendapatkan afirmasi baik infrastruktur, bibit bahkan akses terhadap penjualan dengan harga yang kompetitif.

“Yang ada petani hari ini hanya dijadikan sebagai sapi perah para kartel pendulang keuntungan dari distribusi penjualan hasil tani tersebut,” kata H Oleh Soleh beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat ini menyebut akan lebih baik apabila pemerintah pusat maupun daerah memberikan afirmasi kebijakan secara total dari hulu hingga hilir kepada para petani, baik dari infrastrukturnya, dari permodalannya, juga pelatihan secara utuh.

“Pembinaan, kemudian lebih-lebih kalau misalkan pemerintah juga memberikan pelatihan-pelatihan terhadap peningkatan pengolahan hasil pertaniannya supaya menjadi daya nilai lebih,” ujarnya.

“Dan tentunya yang paling pokok adalah bagaimana pemerintah menjadi hab untuk penjualan hasil pertanian,” sambung oleh.

Namun di sisi lain kebutuhan pokok atau kebutuhan bahan pokok di Indonesia ini salah satunya contoh soal daging aja ini belum selesai.

“Kita masih impor, kacang kedelai aja masih impor ini gimana malah dikenakan pajak terkecuali Indonesia sudah Swasembada pangan secara utuh secara keseluruhan,” jelasnya.***

 

Redaksi