Perangkat Desa Kalijati Kompak, Pelayanan Mirip Hotel, Salat Jamaah Tidak Tinggal

beritatandas.id, KARAWANG – Allahuakbar, Allahuakbar, kumandang suara adzan zuhur di Musala Al Amanah yang dilantunkan muadzin di komplek kantor Kepala Desa Kalijati, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, Rabu (27/1/2020).

Perangkat desa yang ada di dalam kantor pun langsung berhamburan memburu tempat wudu di musala tersebut. Satu persatu antre secara tertib dengan menggunakan masker sesuai anjuran pemerintah.

Tidak menunggu lama, semua jamaah sudah masuk ke dalam musala, di dalam sudah ada Imam yang siap memimpin salat jamaah, dia adalah Ustad Komar, yang merupakan pengurus DKM Al Amanah.

Bukan hanya perangkat desa, tamu kepala desa yang kebetulan bertepatan dengan waktu salat duhur tiba ada di kantor desa, juga ikut salat jamaah, ditambah anak-anak dan remaja yang dari sekeliling kantor desa juga terlihat sangat antusias untuk berjamaah.

“Assalamu’alaikum warah matullah,” ucap Ustad Komar yang mengakhiri salat dengan salam.

Jamaah pun mengikuti, tidak lama imam langsung memimpin aurad dan doa bada salat yang rutin dilakukan umat muslim kebanyakan.

Karena situasi pandemi, tidak ada sesi bersalaman, usai doa ada yang melanjutkan salat badiah duhur ada yang keluar duluan untuk kembali melanjutkan aktivitas.

Kadus II, Desa Kalijati, Khoerudin menyampaikan, beruntung punya pimpinan seperti Deni Supruatna, kepala desa yang nyantri. Karena kalau melihat di trmpat lain, pemimpinnya tidak sedetail Deni, dimana termasuk memperhatikan pekerjaan dan kebutuhan ruhaniah.

“Alhamdulillah, punya Kades Santri, kami merasa tenang,” ujar Komar yang menyanjung kades.

Kades Kalijati Deni Supriatna menyampaikan, pemimpin memang harus bisa menjadi contoh, selain memiliki etos kerja yang tinggi, juga tidak lupa dengan posisi sebagai seorang muslim.

“Setiap masuk waktu Duhur, semua perangkat wajib berjamaah, begitu juga kalau masuk waktu Ashar, setelah jamaah Ashar, baru boleh pulang,” ujar Deni.

Selain desa yang dilengkapi oleh musala, Desa Kalijati juga dilengkapi oleh halaman, taman, kolam ikan dan pendopo. Kondisi itu membuat pengunjung tidak jenuh dan baisa berlama-lama di kantor kades yang juga ketua Ikatan Kepala Desa (IKD) Kecamatan Jatisari.

Redaksi