Peringati HUT Bhayangkara Polri ke-78, Polres Karawang Bedah Rumah Warga Desa Warung Bambu

Polres Karawang – Seorang pekerja serabutan bersama istri dan empat anaknya kaget di datangi Bhabinkamtibmas Polsek Karawang Kota, aparat Desa Warung Bambu, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang.

Mereka membawa kabar jika rumah Juanah (46) masuk dalam program bedah rumah dalam rangkaian acara menyambut HUT Bhayangkara Polri ke-78 tahun 2024 oleh Polres Karawang.

“Itu sekitar tiga Minggu lalu. Mendengar itu saya sangat bahagia,” kata Juanah, Kamis (20/6/2024).

Juanah mengatakan, jika rumahnya hanya terbuat dari  bilik dan GRC. Dia pun tak memiliki kamar mandi, setiap hari harus mencari toilet masjid. Ketika hujan, pun harus mengungsi ke rumah saudara atau tetangganya. Genting yang bocor dan kondisi rumah tanpa alas lantai membuat air hujan masuk dari celah bilik.

“Setiap hujan pasti rumahnya bocor dan banjir. Kita biasanya langsung mengungsi ke rumah saudara dan tetangga,” ungkapnya.

Menurut Juhana, selama proses pembangunan ini, ia tinggal di rumah saudara selama tiga minggu. Hari bahagia pun tiba. Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono meresmikan bangunan rumah baru untuk Juanah.

Bangunan bercat merah muda berukuran sekitar 30 meter persegi berdiri di hadapannya. Juanah bersama istri dan empat anaknya tak perlu takut lagi kebanjiran dan harus mandi di Toilet Masjid.

“Terima kasih banyak Pak Kapolres Karawang, kami sangat bahagia. Saya hanya seorang pekerja serabutan. Kadang menjadi kenek tukang bangunan atau hanya membantu di bengkel,” ujarnya.

Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono,S.I.K.,M.Si menargetkan sebanyak 10 rumah tak layak huni akan direnovasi di momen hari Bhayangkara.

“Khusus di bulan Juni-Juli kami mentargetkan ada 10 rumah yang kami bedah, berkerja sama dengan pemda dan stakeholder terkait,” ujar Wirdhanto.

Menurutnya, 10 rumah sasaran bedah rumah ini tersebar di berbagai wilayah Karawang, dan sudah disurvei oleh jajarannya.

“Sudah disurvei oleh Kapolsek bekerja sama dengan Dinas PRKP, syarat rumah yang dibedah itu tentu yang sudah berstatus SHM,” pungkasnya.

Polres Karawang_AKBP Wirdhanto Hadicaksono