Petani di Desa Cilandak, Minta Permudah Pupuk dan Perbaikan Situ

beritatandas.id, PURWAKARTA – Untuk memperbaiki pengairan persawahan di area pertanian 4 desa yakni desa Cilandak, Cirangkong, Cipancur dan Cibatu Pihak Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Cahaya Tani Desa Cilandak, Kecamatan Cibatu meminta kepada Pemerintah baik propinsi dan daerah dalam hal ini Dinas Pertanian Purwakarta untuk segera membenahi saluran tanggul Situ sungai Cilandak yang sudah dangkal oleh terlebih lagi situ Cilandak longsor membawa lumpur di area situ di saat hujan beberapa waktu lalu.

” Mohon di perbaiki situ Cilandak perlu dinormalisasi karna ini kebutuhan mendesak bagi para petani di saat musim tanam namun sulit air.”tegas H.Cadim Ketua Gapoktan Cahaya Tani pada sejumlah wartawan. pada Selasa (28/1/2020)

Cadim juga meminta Tembok penahan tanah (TPT) dan pintu air di area situ Cilandak perlu dibenahi karna terlihat kondisi rusak.

” Situ Cilandak TPT dan pintu air perlu dibenahi karna kondisinya sudah lama dan rusak semoga Pemrop Jabar dan Purwakarta meninjau hal ini demi kelangsungan pertanian”.papar tokoh masyarakat ini.

Musim tanam juga para petani di daerah ini mengeluhkan adanya kelangkaan pupuk jenis TSP yang susah di cari khususnya di wilayah kecamatan Cibatu padahal kebutuhan pupuk ini sedang di butuhkan.

” Pemerintah juga harus mempermudah layanan pupuk semoga bisa diatasi kelangkaan ini, sehingga para petani pada musim tanam ini lancar dan hasilnya maksimal.” harap Cadim.

 

 

 

Reporter : Fuljo