Ratusan anggota Satpam diberi pembinaan dan pelatihan oleh Kapolsek Cileunyi

Cileunyi – Kompol Suharto, S.H. selaku Kapolsek Cileunyi didampingi oleh Wakapolsek Cileunyi AKP Saep Balya, S.H., Danramil 2413/Cilengkrang melakukan Binteknis Satpam bertempat di Persada Jl. Panyawungan Desa Cileunyi Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Rabu (16/8/2023)

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Polsek Cileunyi ini bekerjasama dengan PT. IST (Intertrans Surya Terang) untuk memberikan bimbingan dan pelatihan teknis dan tugas pokok sebagai seorang Anggota Satpam.

Pada Kesempatan tersebut Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. memberikan arahan kepada ratusan anggota Satpam mengenai tugas dan tanggung jawabnya sesuai yang diatur dalam Perkap 24 tahun 2007 tentang Sistem Menejemen Pengamanan.

“Ada 130 orang Satpam yang mendapat Bintek hari ini.” Kata Kapolsek

Terdapat dua hal yang menjadi fokus dalam kegiatan Bintek hari ini, Yakni bagaimana bersikap dan berperilaku sebagai anggota Satpam serta bagaimana mengedepankan sikap disiplin dan tanggung jawab dalam bertugas.

Lebih lanjut Kapolsek mengatakan, Satuan Pengamanan yang dibentuk oleh instansi harus bisa melaksanakan pengamanan fisik dalam rangka menyelenggarakan keamanan swakarsa dilingkungan kerjanya, karena Satpam mengemban fungsi Kepolisian terbatas dan juga sekaligus sebagai Partner dalam mewujudkan Sitkamtibmas Kondusif.

“Untuk itu setiap anggota Satpam harus mengetahui tugas pokok dan fungsinya.” tutur Suharto perwira Polisi yang berpangkat bunga melati satu ini.

Sementara Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. menjelaskan bahwa “Tugas pokok Satpam itu menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja khususnya pengamanan fisik serta melindungi dan mengamankan lingkungan kerjanya dari setiap gangguan keamanan dan ketertiban serta pelanggaran hukum.” Terang Kapolsek

“Disamping itu turut membantu pihak Kepolisian di bidang penegakkan hukum”, kata Kompol Suharto, S.H.

Hal itu dapat dilakukan apabila para anggota Satpam yang mengemban fungsi pengamanan dapat menjaga dan menjunjung tinggi kode etik yang diterapkan. Yaitu kesetiaan, memberikan teladan yang baik, keselamatan dan keamanan, kejujuran, disiplin, dan tanggung jawab, terangnya lagi.

Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. saat ditemui menambahkan tujuan kegiatan ini dilaksanakan agar agar fungsi satuan pengamanan dapat mengerti dan paham apa saja tugas pokok dan fungsi sebagai seorang Satpam serta bertanggung jawab dalam bertugas.