Reses di Karawang, RHD Terima Keluhan Petani

beritatandas.id, KARAWANG – Ketua Komisi II DPRD Jabar Rahmat Hidayat Djati menjadi tumpuan petani karawang soal berbagai macam persoalan yang ada. Hal itu terlihat saat reses ke 1 tahun sidang 2020-2021 yang digelar di Kabupaten Karawang pada Kamis (5/11/2020) lalu.

Reses yang digelar di Desa Wanajaya, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, diikuti oleh warga dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Tegalwaru, Kecamatan Pangkalang dan Kecamatan Telukjambe Barat.

“Hasil yang didapat banyak potensi daerah setempat yang bisa dikonversikan untuk pembangunan daerah tersebut terutama di bidang pertanian,” ujar Rahmat ‘Toleng’ Djati.

Meski demikian persoalan pertanian pun tidak luput dari keluhan para petani, mulai dari pupuk yang sering langka, harga pupuk yang melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET), sampai minimnya program-program pertanian yang seharusnya bisa diakses oleh petani.

“Keluhan paling banyak disampaikan petani soal pupuk,” katanya.

Adapun program yang seharusnya bisa diaksea oleh petani tapi banyak belum diketahui petani adalah soal asuransi pertanian dan bantuan pinjaman permodalan untuk sektor pertanian yaitu KUR yang disediakan di bank.

“Petani tidak tahu bagaimana cara daftar asuransi pertanian. Padahal kalau ikut asuransi, saat gagal panen setidaknya modal bisa kembali,” ujarnya.

Oleh karenanya, dia meminta PPL pertanian untuk lebih gencar melakukan pendamlingan, mulai dari cara menanam ladi yang baik dan benar sampai menyampaikan info program-program pertanian yang bisa diakses oleh petani.

“Karena hadirnya berbagai program pertanian, selain bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan, juga untuk menyejahterakan petani,” pungkasnya.

Redaksi