Ruwat Bumi, BUMDes Rancabango akan Teken Kontrak dengan PT Pertani

beritatandas.id, SUBANG – Termasuk dalam rangkaian Ruwat Bumi Desa Rancabango. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berkah Abadi, Desa Rancabango, Kecamatan Patokbeusi, Kabupaten Subang, Jawa Barat akan lakukan penandatanganan kerjasama dengan PT Pertani terkait penangkaran benih.

“Alhamdulillah, BUMDes terus berkembang, sudah ada beberapa perusahaan yang MoU, besok kami akan MoU dengan PT Pertani,” kata Ahmad Fauzie Ridwan, Direktur BUMDes Berkah Abadi, Desa Rancabango, Kecamatan Patokbesi, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (8/11/2019).

Dia menyampaikan, MoU dengan PT Pertani sengaja masuk dalam rangkaian acara ruwat bumi. Selain memberitahukan kepada warga juga agar memicu para pengurus untuk semakin semangat dalam menjalankan badan usaha yang ada di desa itu.

“Direncanakan akan dilakukan penangkaran benih Ciherang, Mekongga dan Inpari 32, di Rancabango seluas 20 hektare,” bebernya.

Ia berharap program itu bisa digarap dengan lancar, dan mendapat hasil yang memuaskan. Dengan demikian usaha BUMDes akan terus berkembang.

“Minta dukungan dan doanya kepada seluruh warga Rancabango agar BUMDes makin berkembang dan makin dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Disinggung mengenai program lain, ia menyampaikan selama ini yang sudah jalan adalah unit usaha di bidang sembako, terutama beras. Bahkan meski belum sampai saat ini belum menggunakan dana penyertaan modal omset yang didapat BUMDes Rancabango sudah di atas Rp100 juta.

“Terus meningkat yah omsetnya, mulai dari Rp50 juta, Rp60 juta dan bulan kemarin di atas Rp100 juta,” bebernya.

Meski demikian, untuk laba BUMDes menurutnya masih belum besar. Namun setidaknya bisa untuk memberi semangat para pengurus.

“Dalam waktu dekat kami akan segera menggarap usaha jaringan internet atau wifi. Programnya kami sebut Berkah Abadi Network,” ujarnya.

Diketahui acara Ruwat Bumi Desa Rancabango digelar besok 9 November 2019, mulai dari pagi hari sampai selesai.

Redaksi