Semak Belukar dilahan Pabrik Karung Terbakar, Bhabinkamtibmas Ciluncat bersama Security, Berhasil Memadamkannya

Cangkuang – Bhabinkamtibmas Desa Ciluncat Polsek Cangkuang Polresta Bandung Aipda Dian Rosdiana dan Piket Unit Reskrim Bripka A. Sapingi, S.H., bersama Security Pabrik Karung, berhasil padamkan kebakaran semakin belukar yang terbakar.

Kebakaran diketahui pada Kamis, 17 Agustus 2023 sekira pukul 12.30 Wib, berdasarkan laporan warga yang mengeluhkan Asap yang membumbung ke wilayah perumahan Komplek Gadingtutuka 2 Rw 11 Desa Ciluncat Kec Cangkuang.

“Setelah mendapat laporan, kami Piket Reskrim langsung menelusuri asal dari asap tersebut, dan ternyata semak belukar yang berada di lahan kosong milik Pabrik Karung di Kp. Ciluncat Rt 07/01 Desa Ciluncat dan api merambah sudah mendekati perumahan warga,” jelas Dian, saat dikonfirmasi, Jum’at, (18/8/2023).

Bersama warga dan security kami berusaha memadamkan api yang sudah menjalar mendekati rumah warga yang berada di Kp. Ciluncat Rt. 07/01 dengan menggunakan alat seadanya, tambahnya.

Kapolsek Cangkuang Polresta Bandung Iptu H. Yusup Juhara, S.H., sesat setelah mendapatkan laporan langsung memerintahkan anggotanya untuk berkoordinasi dengan Damkar Kab Bandung.

“Namun dikarenakan tidak ada akses ke Lokasi dan Api yang menjalar ke rumah penduduk sudah teratasi, pemadaman dilakukan secara manual,” kata H. Yusup.

Lanjut Dian, berdasarkan keterangan saksi, api bermula dari adanya seseorang yang membakar tumpukan belukan yang telah kering, dikarenakan suhu dan cuaca panas ditambah dengan angin yang kencang, dengan cepat api membakar seluruh semak belukan yang ada. Ujarnya.

“Pukul 16.00 Wib, Api dapat dipadamkan dengan menggunakan air yang diangkut menggunakan tong dari dalam Pabrik Karung,” tambahnya.

Sementara Kapolresta Bandung Kombes Pol Kosworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., menegaskan bahwa jangan ada warga masyarajat yang membakar lahan dengan sengaja dikarenakan melanggar hukum.

“Kepada seluruh warga masyarakat dihimbau untuk waspada dengan cuaca panas dan anjing kencang saat ini, antisipasi potensi yang mudah terbakar disekitar anda,” pungkasnya.