Sidkon Djampi : Pendamping Desa Pionir Pembangunan di Jawa Barat

Purwakarta, beritatandas.id – Anggota Komisi I DPRD Jawa Barat Sidkon Djampi beri apresiasi atas terlaksananya kegiatan NGA-Desa (Ngariung Pendamping Desa) II di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta pada Rabu, 21 Desember 2022 kemarin

“Secara pribadi mengapresiasi kegiatan NGA-DESA (Ngariung Pendamping Desa) se Jawa Barat yang diikuti oleh 2000 lebih para pendamping desa atau TPP Tenaga Pendamping Profesional (TPP),” kata Sidkon Djampi.

Turut hadir pula dalam NGA-DESA ini Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, Koordinator Provinsi TPP Cecep khaliludin.

Sidkon menyebut Pendamping Desa adalah para pionir pembangunan di Jawa Barat.

“Luar biasa ini bagian konsolidasi untuk pembangunan desa yang Jawa Barat ini memiliki 5.312 Desa mereka adalah para Pionir pengawal pembangunan desa di Jawa Barat,” katanya.

“Apresiasi saya sampaikan juga buat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat yang dalam laporannya disampaikan oleh Pak Dicky Sahromi sebagai kepala DPMD Jawa Barat bahwa Jawa Barat hari ini sudah tidak memiliki Desa terbelakang atau desa tertinggal,” papar Sidkon.

Dimana kategori desa saat ini paling terbanyak adalah kategori desa berkembang dan ada 500 lebih Desa yang masuk kategori desa mandiri.

“Ini juga bagian dari peran aktif dari para pendamping desa yang mengawal yang mendampingi dana desa yang ada di Jawa Barat,” paparnya.

Sidkon berharap semoga saja ini menjadi kekuatan dalam pembangunan Jawa Barat sehingga akan membantu berkontribusi terhadap capaian visi Jawa Barat Jabar juara lahir batin

“Semoga ke depan para Pendamping Desa akan lebih diperhatikan oleh pemerintah Indonesia oleh pemerintah provinsi Jawa Barat soal kesejahteraannya,” jelasnya.

Ia juga berharap setidaknya ada peningkatan penghasilan Pendamping Desa dan diberikan peran misalnya untuk membina memajukan badan usaha milik desa

“Dengan ditambah tugas itu saya kita sangat Pantas dari gajih para pendamping Desa ini dinaikkan untuk masa-masa mendatang,” pungkasnya.***

Redaksi