Stand Pameran Festival Ethnic Food 2023, Mimih Yoyoh Turun Lansung Layani Pengunjung

Subang, beritatandas.id – Festival Keragaman Makanan (Ethnic Food) 2023, merupakan kegiatan Pengembangan potensi bahan baku lokal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat dan Bandung Internasional Food & Hospitality (Bifhex) dengan mengusung tema “meningkatkan gaya hidup sehat melalui Pemanfaatan Produk Olahan Pangan Lokal Mengandung Vitamin dan Mineral”, yang digelar di Grand Ballroom Sudirman Bandung, Jumat (03/02/23).

Dalam kegiatan Festival tersebut TP PKK Kab. Subang bekerjasama dengan DKUPP Kabupaten Subang mempromosikan produk UMKM TP PKK Kab. Subang.

Ketua TP PKK Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat yang akrab disapa Mimih Yoyoh, turun langsung dalam kegiatan festival etnic food 2023 tersebut didampingi perwakilan pengurus Pokja 2,3, dan sekretariat.

Kegiatan Festival tersebut digelar merupakan upaya untuk lebih menggali dan mengembangkan produk olahan pangan lokal serta mempromosikan agar lebih berdaya saing dengan produk global.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum didampingi Lina Ruzhanul Ulum selaku Wakil Ketua TP PKK Jawa Barat dan juga kepala Disperindag Jawa Barat, menyampaikan selain memperkenalkan makanan lokal, bahwa kegiatan festival ini juga bertujuan menekan inflasi 2023 yang dampaknya semakin terasa di berbagai daerah. Festival Keanekaragaman Makanan ikut sertakan dari kabupaten/kota se Jawa Barat.

“Festival Keanekaragaman Makanan merupakan inisiasi PKK Provinsi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang memanfaatkan bahan baku lokal,” tutur Wagub Uu.

Uu menegaskan, dari sisi kesehatan pun kandungan bahan baku lokal akan memenuhi gizi seimbang dalam tubuh. Hal ini yang dapat menekan stunting.

“Kegiatan ini, bukan di tahun ini saja, sudah merupakan program rutin tahunan yang kita dorong supaya masyarakat khususnya keluarga memahami arti penting makanan dengan berbagai macam sumber gizi bagi keluarga mereka,” ucapnya.

Selain meningkatkan ekonomi keluarga dan juga kesehatan. Acara tersebut akan menghadirkan pameran makanan berbahan baku lokal dari PKK se-Jawa Barat.

Menurutnya, festival menjadi momen penting bagaimana menemukan ide dan kreasi baru untuk didorong agar kemudian memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

“Utamanya karena Jawa Barat memiliki sumber daya kuliner luar biasa. Kita perlu dorong berkembang di keluarga agar tidak makan yang itu lagi, itu lagi,” ujar Uu.

Sementara ditempat terpisah Ketua TP PKK Kab. Subang, Mimih sapaan akrabnya, mengucapkan terimakasih kepada DKUPP Kab. Subang, atas kerjasamanya, dalam kegiatan Festival tersebut telah mempromosikan produk UMKM TP PKK Kabupaten Subang.

Selanjutnya Ketua pengurus TP PKK Kab. Subang di lanjutkan dengan meninjau langsung stand pameran produk olahan makanan dan produk UMKM TP PKK Kabupaten Subang.

Selain itu di Stand Festival tersebut, Mimih terjun langsung menyapa tamu – tamu dan juga membantu memberikan pelayanan langsung kepada pengunjung yang datang ke stand pameran UMKM TP PKK Kabupaten Subang yang hanya untuk sekedar bertanya produk unggulannya ataupun bahkan melayani transaksi pembeliannya.***

Reporter: Deny