Tanamkan Nilai-nilai Kebangsaan di Lingkungan Pesantren

beritatandas.id, INDRAMAYU – Santri harus berperan aktif dalam menjalankan aturan agama dan menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

Hal itu disampaikan oleh Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil 12 (Kabupaten Indramayu, Kabupaten Dan Kota Cirebon) Sidkon Djampi pada kegiatan Citra Bhakti Parlemen dalam Sketsa Kebangsaan.

“Saya berharap para santri juga bisa mensosialisasikan ke masyarakat melalui pendekatan secara religius dan juga nasionalisnya,” ujar Sidkon di Akademi Keperawatan Saepudin Zuhri, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Senin (30/11/2020).

Menanamkan rasa nasionalisme, lanjut Sidkon, bukan hanya harus dimiliki kalangan tertentu. Tetapi nasionalisme dan kebangsaan harus dimiliki oleh setiap warga negara. Tidak terkecuali lingkungan pesantren.

Karena itu, ia berharap kalangan santri juga berperan aktif dalam menyosialisasikan 4 pilar kebangsaan sebagai kepanjangan dari titah undang-undang.

Sosialisasi 4 pilar kebangsaan harus benar-benar mengakar hingga ke masyarakat bawah. Sangat penting untuk menjaga keutuhan negara dan berbangsa ditengah serangan negatif untuk merusak ideologi baik dari internal maupun eksternal.

“Sehingga, menanamkan rasa nasionalisme ini harus diperkuat ke semua elemen masyarakat, tanpa melihat golongan manapun,” tandasnya.

Redaksi