Terkait Banjir Garut Ketua F-PKB DPRD Jabar Dorong Penataan Daerah Aliran Sungai Secara Terpadu

Garut, beritatandas.id – Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Barat Asep Suherman mendorong pemerintah di Provinsi Jawa Barat dana Pemerintah Kabupaten Garut untuk melakukan mitigasi bencana berkaitan peristiwa banjir yang terjadi di sejumlah kecamatan di Kabupaten Garut pada Sabtu, 16 Juli 2022.

Menurut mitigasi bencana ini perlu dilakukan agar bencana banjir ini bisa diantisipasi juga untuk meminimalisir korban, baik korban harta maupun korban jiwa.

Ada tiga hal yang disoroti Asep mengenai langkah preventif mengatasi banjir ini, salah satunya mengenai penataan daerah aliran sungai.

“Diantaranya pertama penataan daerah aliran sungai secara terpadu dan sesuai fungsi lahan. Kedua, tidak membangun rumah dan pemukiman di bantaran sungai serta di daerah banjir,” kata Asep Suherman Senin, 18 Juli 2022

Dan ketiga program penghijauan daerah hulu sungai harus selalu dilaksanakan serta mengurangi aktifitas di bagian sungai rawan banjir.

Dalam kesempatan yang sama legislator asal Cianjur ini mengapresiasi anggota FPKB DPRD Jawa Barat yang juga Ketua DPC PKB Garut Dadan Hidayatulloh yang telah turun langsung ke lapangan untuk memberikan bantuan sembako Gus Muhaimin dan pakaian untuk warga terdampak.

Seperti diketahui, Dadan juga mengirimkan tim dari DKC Garda Bangsa Kabupaten Garut untuk membantu warga membersihkan pemukiman mereka.***

 

Redaksi