Tingkatkan Minat Baca, Bhabinkamtibmas Polsek Cireunghas Polres Sukabumi Kota Laksanakan Program Perpustakaan Keliling dan Bangun Taman Baca

Kota Sukabumi – Sosok Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, memang harus selalu hadir di tengah-tengah lingkungan masyarakat.

Seperti kisah Bripka Dikri Nur Hakiem, Bhabinkamtibmas Desa Cikurutug Polsek Cireunghas Polres Sukabumi Kota.

Setiap harinya, polisi yang bertugas di Polsek Cireunghas ini berkeliling di desa binaannya dengan membawa perpustakaan keliling ke tempat berkumpulnya anak anak usia sekolah.

Bripka Dikri memanfaatkan boks sepeda motor dinasnya dengan membawa berbagai macam buku bacaan. Targetnya adalah anak-anak usia sekolah terutama pelajar SD.
“Dengan meminjamkan buku kepada siswa siswi yang sedang berkumpul, ini merupakan salah satu upaya yang kami lakukan untuk mengajak anak-anak gemar membaca,” Tutur Dikri, Minggu (27/08/2023).

Kegiatan dalam rangka meningkatkan minat baca bagi usia anak sekolah sudah lama Bripka Dikri laksanakan, “Dari tahun 2015 saya laksanakan kegiatan Literasi ini, saat berdinas sebagai Bhabinkamtibmas Desa Bencoy, selain Perpustakaan keliling saya pun mendirikan Taman Baca Bambu Air, Rumah mengaji dan Membaca, Teras Baca Lentera, dan yang saat ini sedang proses yaitu pembangunan Taman baca di Bukit Karikil Desa Cikurutug, sesuai arahan, petunjuk, dan dukungan pimpinan Alhamdulillah kegiatan Literasi ini terus berjalan sampai sekarang” papar Bripka Dikri.

Dia juga mengaku kegiatan yang dilakukan ini bertujuan agar anak-anak menyukai kegiatan yang dilaksanakan Polri.
“Dengan kegiatan ini juga salah satu cara Polri dekat terhadap masyarakat dan anak-anak tetap selalu senang dengan kehadiran Polri,” jelasnya.

Personel yang pernah mendapatkan penghargaan dari Kapolri, Kapolda Jabar, Kasetukpa Polri, dan Kapolres Sukabumi Kota ini dalam pelaksanaannya tugasnya tidak terlepas dari dukungan Sinergitas bersama Babinsa dan Kepala Desa, “Saya bersama Babinsa dan Kepala Desa Cikurutug selalu bersinergi dalam pelaksanaan tugas, termasuk Program Literasi ini” imbuh Dikri.

Kapolsek Cireunghas Ipda Hendrayana Syaepudin, S.Ip mengaku bangga dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan Bripka Dikri Nur Hakiem
“Semoga apa yang telah dilakukan bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya pelajar yang ada di kecamatan Cireunghas, serta para generasi penerus bangsa dapat terarahkan ke hal hal positif” tuturnya.