Unit Lantas Polsek Cileunyi gabung Unit lantas Rayon 1 sabet Juara 2 Lomba TPTKP dalam Peringatan Hari Lalu-Lintas Bhayangkara Ke-68

Cileunyi – Dalam rangka hari lalu-lintas Bhayangkara ke-68 yang jatuh pada tanggal 22 September 2023, Satlantas Polresta Bandung Polda Jabar menggelar lomba Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) Laka Lantas yang digelar di halaman Mapolresta Bandung Jl. Bhayanhkara Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung. Sabtu (23/9/2023)

Lomba diikuti oleh anggota unit Lalulintas masing-masing Polsek, dengan materi yang diambil secara random.

Kasat Lantas Polresta Bandung Kompol Mangku Anom Sutresno S.H., S.I.K., M.H melalui Kanit Lantas Polsek Cileunyi AKP M. Abdullah menerangkan bahwa dalam lomba TPTKP itu, selain untuk memeriahkan hari lalu-lintas Bhayangkara, juga dapat diimplementasikan dalam tugasnya.

“Kenapa kita libatkan dari Polsek, karena ketika terjadi laka lantas, yang menangani pertama kali adalah unit lantas polsek, sehingga untuk memperdalam ilmu yang nantinya dari hasil pengembangan ini kita implementasikan untuk kegiatan tugas rekan-rekan kita yang ada di Polsek,” ujar Kasat Lantas Polresta Bandung Kompol Mangku Anom Sutresno S.H., S.I.K., M.H

“Kita lombakan sehingga bisa ingat lagi, untuk personil yang ikut adalah dari Polsek, satu tim ada enam, semua ikut di sini,” imbuhnya.

Lebih lanjut Kanit Lantas Polsek Cileunyi AKP M. Abdullah yang turut menyaksikan kegiatan tersebut mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan itu juga agar setiap personil dapat memperdalam keterampilan yang mungkin sempat lupa, memberikan pembinaan kepada anggota Satlantas terutama unit lantas Polsek.

Kriteria penilaian dalam lomba itu ada beberapa katagori yang dinilai oleh tim juri salah satu diantaranya ialah pada saat menerima laporan kejadian lakalantas di lapangan, cara penanganan dan lainnya.

Kanit Lantas berharap bahwa dalam kegiatan itu, setiap personil mampu mengambil ilmu dan dapat menerapkannya pada kejadian sebenarnya saat terjadi kecelakaan.

“Semoga pelayanan dari unit lantas bisa maksimal dan kegiatan ini hasilnya dapat diimplementasikan untuk kegiatan-kegiatan yang akan datang,” tukasnya.

Ada Kabar gembira dari hasil perlombaan tersebut Polsek Cileunyi bersama gabungan polsek rayon 1 diantaranya Polsek Rancaekkk, Polsek Cicalengka dan Polsek Cimenyan mendapat juara 2.

Para pemenang lomba mendapat uang pembinaan dari Kasat Lantas Polresta Bandung, juga mendapatkan plakat serta piagam penghargaan kepada masing-masing personil yang ikut dalam perlombaan

Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. menuturkan, lomba itu digelar untuk mengukur kecepatan dan ketepatan penanganan kasus laka lantas, baik kepada korban luka maupun korban tewas di TKP.

Lomba tersebut diikuti oleh personil Lantas Polsek Jajaran Polresta Bandung, Sebab merekalah yang pertama kali melakukan penanganan pertama di TKP sebelum kejadian kecelakaan ditangani Unit Laka Lantas Polresta Bandung.

“Perlombaan itu dimaksudkan dapat merefleksikan kembali pemahaman penanganan pertama yang sudah didapatkan serta mengukur kemampuan dan keterampilan personil Unit Lantas di Masing-masing Polsek termasuk Polsek Cileunyi.” Pungkasnya