Virus Corona Makin Masif, PKB Jabar Siap Rapat Kepartaian Secara Online

beritatandas.id, BANDUNG – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merespon semakin masifnya wabah virus corona atau Covid-19 di Indonesia. DPW PKB Jawa Barat menyatakan siap melaksanakan instruksi PKB pusat ke seluruh pengurus cabang hingga ranting di tingkat kecamatan.

“Ya betul, ketua umum kami Pak Haji Muhaimin Iskandar secara resmi mengeluarkan surat edaran mengenai Instruksi Pencegahan Penyebaran Covid-19 atau Coronavirus Disease bagi seluruh jajaran pengurus PKB di Indonesia. Ada lima point penting yang disampaikan Pak Ketum, dan Insya Alloh segera kami laksanakan,” ujar Sekertaris DPW PKB Jabar Sidkon Djampi, Minggu (15/03/2020).

Dijelaskan, sebagai langkah antisipasi penyebaran wabah tersebut, seluruh DPW PKB termasuk DPW PKB Jabar, DPC kabupaten dan kota, termasuk Fraksi PKB di semua tingkatan, untuk tidak menyelenggarakan kegiatan atau aktivitas kepartaian yang melibatkan orang banyak.

“Pokoknya yang berorientasi pengumpulan massa dan kerumunan, paling tidak pada kurun waktu dua pekan mendatang,” jelasnya.

Sebagai bentuk antisipasi dini, lanjut dia, semua Staf Sekretariat dan Fraksi PKB di semua tingkatan yang menggunakan transportasi publik dari dan menuju kantor atau sekretariat PKB, parlemen maupun pemerintahan, untuk bekerja di rumah atau di tempat masing-masing.

“Dan wajib mengerjakan semua tugas dan kewajibannya secara online atau dengan istilah lain secara daring,” jelasnya.

Selanjutnya, seluruh jajaran pengurus, kader dan anggota PKB agar selalu menjaga kesehatan, berpola hidup sehat, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, dan proaktif memeriksakan diri sesegera mungkin untuk cek kesehatan sebagai bentuk antisipasi terjangkit Covid-19.

“Prosedur pemeriksaannya sesuaikan dengan arahan pemerintah. Untuk Jawa Barat sendiri, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mengeluarkan kebijakan proaktif tes kepada ODP (Orang Dalam Pemantauan) dalam penanganan penyebaran COVID-19 di Jabar,” terangnya.

Poin lainnya, kata Sidkon, seluruh jajaran pengurus, kader dan anggota PKB agar mengintensifkan komunikasi melalui handphone maupun media sosial untuk menyebarkan semua konten positif,
informasi strategis, kebijakan pemerintah dan hal lain yang penting ke semua pihak.

“Agar masyarakat menjadi waspada tanpa harus panik, serta tidak memandang remeh tanpa harus terjebak dramatisasi yang tidak perlu, dan tetap tenang serta menjaga ketertiban sosial,” jelasnya.

Terpenting, tegas dia, seluruh kader PKB dan juga ummat manusia pada umumnya harus selalu bermunajat dan berdoa kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa dan bersholawat kepada Rasululllah SAW, memohon keselamatan dan pertolongan agar bangsa dan negara Indonesia dan seluruh umat manusia segera dapat terbebas dan terhindar dari
wabah Covid-19.

“Kita doakan bersama agar segera ditemukan vaksin atau anti virus dan obat
penyembuhnya,” pungkas Sidkon.

Redaksi