8 SLTA se-Cilamaya Wetan Gelar Latgab di SMK Iptek

Karawang, beritatandas.id – Kwartir Ranting Cilamaya Wetan selenggarakan Latihan Gabungan Pramuka Tingkat Penegak se-Kwartir Ranting Cilamaya Wetan. Giat yang digelar di SMK Iptek Cilamaya Wetan itu diikuti oleh 8 Pangkalan Tingkat SLTA yang berada di wilayah Kecamatan Cilamaya Wetan, Minggu (12/3/2023).

Latihan Gabungan (Latgab) Pramuka Tingkat Penegak kali ini mengambil Motto “Bersatu dalam latihan – berbakti dalam kehormatan – berkarya dalam pengabdian.”

Ketua Kwartir Ranting Cilamaya Wetan Hj. Nurbaeti, sebagai penyelenggara Latgab berharap giat rutin bulanan ini menjadi ajang penguatan gerakan kepramukaan yang membentuk karakter siswa.

Dia juga berpesan bahwa Anggota Pramuka dapat menumbuhkan semangat gotong royong, tenggang rasa, toleransi, dan kreativitas, yang Sangat sejalan dengan profil pelajar Pancasila.

“Disini kita belajar dan berlatih bagaimana memiliki mental yang kuat, Sikap disiplin, dan Rasa Nasionalisme terhadap Tanah Air, tetapi jangan hanya saat disini saja, saat Pulang nanti mari implementasikan hasil LATGAB dari Pelatih-Pelatih ini di Kehidupan sehari-hari,” ujar Kak Beti sapaan akrabnya, saat memberi sambutan dalam membuka acara.

Pihak Kwarran Cilamaya Wetan yang diwakili oleh Ahmad Khaerudin, menyampaikan, ada yang berbeda dalam Latgab pramuka kali ini.

Karena Latgab yang dilaksanakan akan dilakukan secara rutin setiap bulannya pada Sekolah yang mendapat giliran sebagai tuan rumah, juga sekaligus sebagai seleksi untuk Pramuka Garuda Tingkat Penegak.

“Ada 8 Sekolah, masing-masing sekolah diwakili 6 sampai 8 orang. Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar,” ujar Akhaer sapaan akrab Ahmad Khaerudin.

Menurutnya, giat ini juga menjadi langkah awal Kwarran Cilamaya Wetan untuk menghidupkan kembali gairah pelajar untuk aktif di ekskul kepramukaan khususnya di Cilamaya Wetan.

Bahkan seluruh peserta Latgab akan dijadwalkan mengikuti kegiatan Gladian Pimpinan Satuan (DIANPINSAT) pada tahun ini juga.

Mulai dari pengetahuan kepramukaan, tekpram, pionering, bela negara, dinamika kelompok, out bound, juga jenjang pencapaian golongan di pramuka sampai penguatan karakter dan kedisiplinan.

“Ini penting dilakukan untuk kemajuan Kepramukaan di Kwarcab Karawang khususnya di Kwarran Cilamaya Wetan,” ujar Akhaer.

Kepala SMK IPTEK, Engkos Kosim, juga menyampaikan dalam amanatnya saat upacara penutupan latgab, pemateri yang mengisi giat Latgab dari ahli-ahli Pramuka yang benar-benar kompeten.

Karenanya dia berharap outputnya bisa mencetak generasi penerus bangsa yang tangguh dan mandiri.

“Ini salah satu langkah kami untuk memajukan dunia pendidikan,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan, sangat senang bisa menerima tamu dari Sekolah Tingkat SLTA se Cilamaya Wetan.

“Alhamdulillah kami bisa menggelar acara ini. Terimakasih kepada semua yang sudah mendukung atas terselenggaranya acara ini,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan, berdasarkan rapat dengan pihak Kwarran Cilamaya Wetan, pendidikan kepramukaan di SMK IPTEK akan lebih diintensifkan.***

Redaksi