Sidkon Djampi: Jalan Dakwah Para Wali Menghargai dan Menghormati Budaya Setempat

Bandung, beritatandas.id – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Sidkon Djampi menyebut jalan dakwah yang dilakukan oleh para wali dalam menyebarkan ajaran agama Islam menghormati dan menghargai nilai-nilai budaya dan kearifan lokal.

Hal tersebut disampaikan Sidkon Djampi lewat unggahan di akun Instagramnya @kang_sidkon_djampi pada Selasa, 15 Januari 2022.

Dalam kiriman itu, Sidkon mengunggah photo Gus Muhaimin sedang ngobrol dengan ikon wayang Sunda si Cepot yang dimainkan oleh dalang Dadan Sunandar Sunarya di Kampung Jelekong Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu.

“Saya mendapati keterangan dari para guru dan juga orang tua, bahwa jalan dakwah para Wali adalah bilhikmah wal mau’idotil hasanah,” tulis Sidkon Djampi.

Ia mencontohkan salah satu wali dari Wali Songo yang menyebarkan ajaran Islam lewat jalan budaya itu adalah Syech Sunan Kalijaga yang mana mendakwahkan Islam lewat media wayang.

“Menghormati dan menghargai nilai-nilai budaya setempat. Contoh kongkrit ditunjukkan oleh Syech Sunan Kalijaga yang berdakwah dengan media #wayang,” kata Sidkon

“Istilah JIMAT KALIMASADA digambarkan untuk dua kalimat syahadat. So, mari terus berdakwah bil hikmah wal mau’idotil hasanah,” lanjut dia.***

Redaksi