Tiga Desa di Ciasem Terendam Banjir

beritatandas.id, SUBANG – Imbas curah hujan yang tinggi sejak Sabtu malam (6/2/2021), debit air Sungai Ciasem terus meningkat. Tercatat sebanyak tiga Desa di Ciasem Subang kebanjiran pada Minggu (7/2/2021).

Dikatakan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang, Hidayat ketinggian air variatif,  dimulai 30 sentimeter hingg 0,5 meter.

Tidak hanya merendam beberapa pemukiman warga, banjir di Ciasem juga merendam sekitar 30 hektare sawah siap panen.

“Kita masih data untuk lebih jelasnya, sementara ada Desa Ciasem Tengah, Ciasem Hilir dan Desa Dukuh yang terlaporkan mengalami kebanjiran,” ujar Hidayat ketika dikonfirmasi beritatandas.id.

Hidayat menjelaskan, ketinggian air variatif dan cenderung berubah-ubah seiring derasnya curah hujan dan tingginya debit air sungai.

“Ada yang 30 sentimeter, ada yang halaman rumahnya saja, bahkan ada yang setengah meter, semua masih kita lakukan pendataan,” imbuhnya.

“Kami bersama jajaran TNI dan Polri serta intansi terkait masih siaga, bilamana diperlukan kita akan lakukan evakuasi sesuai prosedur,” ujar Hidayat.

“Ini juga masih suasana pandemi, jadi kita perlu sesuai tindakan-tindakan tersebut dengan protokol kesehatan yang wajib kita terapkan,” tegasnya.

Lebih lanjut Hidayat mengimbau agar masyarakat terimbas banjir untuk tidak panic.

“Semuanya diaharapkan tenang, kita upayakan agar masyarakat aman, utamakan evakuasi dokumen penting, harta benta berharga serta logistik atau perbekalan pribadi, hati-hati dengan aliran listrik.” tutupnya.

Reporter : Irvan