Abah Rahmat : Penca Silat Asli Budaya Leluhur Nenek Moyang, Jadi Harus Benar Benar kita Jaga

beritatandas.id, Karawang – Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Kabupaten Karawang melaksanakan Pasang Giri Seni Ibing Penca Silat Buhun Kabupaten Karawang, pada hari Minggu 24 Oktober 2021, Pelaksanaan Pasang Giri Seni Ibing tersebut digelar di Gor Panatayuda Kabupaten Karawang.

Abah Rahmat Syafaat, Ketua Pelaksana Pasanggiri Ibing, saat di hubungi awak media pada hari Senin (25/10/21) mengatakan kegiatan ini adalah program PPSI Karawang. Yang diikuti 19 paguron dari 24 paguron yang terdaftar di PPSI Karawang.

“Alhamdulillah, peserta pasang giri seni ibing penca silat buhun saat ini ada peningkatan dari sebelumnya dan bagi paguron yang belum mengikuti, kedepan bisa mengikuti kepesertaan pasang giri seni ibing,”

“Yang juara akan mewakili Karawang ke tingkat pasang giri pusat,” Ucap Abah Rahmat

Pelaksanaan Pasang Giri ini dibuka langsung oleh Sekertatis Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang H. Acep Jamhuri yang sering disapa Ajam, Dengan Tema “Kami Bangga Menjadi Pesilat Indonesia”

“Pencak Silat merupakan warisan leluhur kita. Jadi harus benar benar di jaga dan dikembangkan seni budaya leluhur ini,” katanya.
Menilik sejarah jaipong, awalnya itu dari Karawang. Salah satunya gerakan penca. Kemudian berkembang menjadi tarian seni jaipong.

“Kita harus bangga belajar penca silat karna pencak silat merupakan budaya asli warisan leluhur nenek moyang,” pungkasnya Ajam

Reporter : Lex