Anggota Komisi IV DPRD Ungkap Tiga Skenario Pemulihan Ekonomi di Jawa Barat

Bandung, beritatandas.id – Anggota DPRD Jawa Barat Asep Syamsudin mengungkapkan tiga skenario pemulihan ekonomi Jawa Barat Pasca Covid-19.

Tiga skenario pemulihan ekonomi Jabar ini meliputi penyelamatan, pemulihan dan penormalan dengan fokus pada kelanjutan program pemulihan dan sektor ekonomi lainnya.

“Skenario pertama merupakan penyelamatan terfokus pada tenaga kerja di berbagai sektor usaha dan menghidupkan kembali UMKM yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19,” kata Asep Syamsudin Sabtu, 23 April 2022.

Asep menerangkan bahwa UMKM adalah sebuah kelompok ekonomi yang sangat strategis dan penting di Indonesia. Untuk mempercepat pergerakan ekonomi, maka perlu ada peningkatan kegiatan dari sebelumnya masih terbatas.

Kemudian, skenario kedua yakni pemulihan yang berfokus pada penyerapan tenaga kerja di berbagai sektor usaha, membuka bisnis, berinvestasi, dan membuka industri besar.

Dia mengharapkan pemulihan ekonomi di Jawa Barat bukan hanya dirasakan segelintir daerah atau pengusaha, melainkan bisa merata. Dengan begitu pertumbuhan bukan hanya terlihat pada UMKM atau daerah yang sama, namun juga merata bertumbuh dan mendapatkan investasi.

“Investor bisa terus masuk ke Jabar terutama untuk UMKM dan juga pariwisata sehingga Jabar bisa mempertahankan posisinya sebagai daerah dengan penanaman modal tertinggi. Jabar menjadi daerah yang sangat prospektif untuk investasi apalagi dengan infrastruktur yang baik dan populasi yang besar,” katanya.

Skenario ketiga adalah penormalan dengan fokus pada kelanjutan program pemulihan dan sektor ekonomi lainnya secara normal, termasuk pengembangan infrastruktur melalui KPBU dan obligasi.

“Sejumlah program pun terus diakselerasi di wilayah tersebut, mulai dari pembangunan Jalur Tengah Selatan (JTS), pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), hingga pengembangan desa-desa wisata,” pungkasnya.***

Redaksi