Antisipasi Kekeringan Saat Kemarau, H Nasir Sebut Empat Desa di Sumedang Perlu Embung untuk Pertanian

beritatandas.id, Sumedang – Embung atau cekungan penampung adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air di badan air yang terkait. Embung digunakan untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, estetika, hingga pengairan.

Anggota DPRD Jaw Barat H Nasir mengatakan, emmbung, bendungan dan irigasi saat ini sangat di butuhkan oleh warga dari Empat desa yakni Desa Cikoneng, Cikoneng Kulon, Tanjunghurip dan Desa Cikondang.

Menurutnya, program embung dapat membantu petani di beberapa desa, Kecamatan Ganeas, Kabupaten Sumedang agar dapat terus berproduksi meski di musim kemarau.

“Karena itu melalui kegiatan reses ini, kami menampung aspirasi dari para kepala desa dan warga,” kata Nasir.

Nasir menjelaskan, dengan irigasi atau dengan sumber air permukaan berupa embung akan menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan pengairan pertanian. Pasalnya embung, dapat digunakan untuk pengairan tanaman pertanian sebab air irigasi juga juga dapat menampung air hujan.

“Air merupakan kebutuhan vital dan mendasar yang keberadaannya sangat dibutuhkan. Terutama bagi para petani dalam mengembangkan budi daya pertanian,” jelasnya.

Pada kesempatan sama, Kades Cikoneng, Nono mengatakan, keberadaan embung dapat membuat petani merasa aman meski memasuki musim kemarau.

Pasalnya, produktivitas pertanian dapat terjaga meski dimusim kemarau karena ada pasokan air dari Embung.***

Redaksi