Bareng Ketua IKWI Jawa Barat, Hilman Hidayat Lantik Pengurus PWI Dan IKWI Kab. Subang

SUBANG, beritatandas.id – Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat didampingi Istri Ibu Jiean Novalia Ajiyanpi, sekaligus sebagai Ketua IKWI Jawa Barat, secara bersama melantik Pengurus PWI dan IKWI Kabupaten Subang periode 2022-2025, yang digelar di Aula H. Oman Sachroni Pemda Subang, Kamis (16/3/23).

Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) adalah merupakan himpunan para isteri wartawan yang masuk dalam organisasi PWI.

Pelantikan merupakan hal yang sakral yang biasa dilaksanakan setiap tiga tahun sekali dan pelantikan kali ini, PWI mengangkat tema, “Pers Hebat Demokrasi Bermatabat.”

Prosesi pelantikan Pengurus PWI dan IKWI Kabupaten Subang periode 2022 – 2025. Ketua Pengurus PWI Kabupaten Subang secara resmi dilantik oleh H. Hilman Hidayat Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat dan Ketua Pengurus IKWI Kabupaten Subang dilantik oleh Ny. Jian Novalia Ajiyanpi selaku Ketua IKWI Jawa Barat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Subang H. Ruhimat, Sekretaris Daerah, H. Asep Nuroni, Dandim 0605 Subang, Ketua DPRD, Kabag Op Polres Subang, Kapolsek Subang Kota, Plt. Asisten Daerah bidang Perekonomian & Pembangunan, Kepala Diskominfo, Ketua PWI & IKWI Jawa Barat, para Korwil PWI Jabar, perwakilan Muspika dan Forkopimda Kabupaten Subang, serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Subang H. Ruhimat yang akrab disapa Kang Jimat, mengucapkan selamat atas dilantiknya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kabupaten Subang periode 2022-2025.

Kang Jimat menuturkan, pers memiliki peran yang sangat penting di dalam sebuah pembangunan negara khususnya Kabupaten Subang. Di negara demokrasi seperti indonesia, pers menjadi tolak ukur kebebasan bersuara demi majunya negara.

“Dengan peran tersebut, sesuai dengan undang-undang nomor 40 tahun 1999 dan saya mengajak seluruh pengurus PWI dan IKWI Kabupaten Subang untuk dapat bersama-sama membangun Kabupaten Subang. Dan lebih kompak lagi untuk ikut mensukseskan program pembangunan Subang Jawara,” ucap Kang Jimat.

Kang Jimat juga berpesan supaya para wartawan Kabupaten Subang dapat bekerja secara smart, optimal dan profesional.

“Rekan-rekan wartawan harus tetap menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, harus bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang dan selalu beritikad baik. Mari kita bersama bahu-membahu mengangkat harkat dan martabat Kabupaten Subang. Baik dari segi pembangunan mental, rohani, maupun pembangunan fisik.” pesan Kang Jimat.

Kang Jimat juga secara pribadi mengajak para wartawan Subang, mengimplementasikan motto rakyat Subang gotong royong, Subang Jawara.

“Mari bersama-sama bahu membahu
merealisasikan tujuan kebaikan, saya sangat berharap, dalam membangun Subang, sangat dibutuhkan peran teman- teman wartawan” ujar Kang Jimat.

Sementara itu Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat, menyampaikan bahwa dengan munculnya media sosial, berita begitu cepat menyebar, namun perlu diingat bahwa berita berita yang muncul di medsos itu, tidak berdasarkan kaidah jurnalisme, berita begitu singkat dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Tidak seperti seorang wartawan atau jurnalis, dimana dia harus meliput sebuah peristiwa atau kejadian yang terjun untuk investigasi ke lapangan secara langsung.

“Inilah yang disebut dengan jurnalisme , turun untuk investigasi ke lapangan dalam sebuah peliputan berita, sehingga berita tersebut tidak sumir, karena disajikan sesuai fakta, data dan nara sumber yang kompeten,” katanya.

Disinggung pula soal wartawan robot, dimana robot itupun sudah bisa menyajikan penulisan berita secara baik berikut fotonya.

“Jadi ini juga adalah tantangan kita bersama sebagai wartawan, bagaimana kedepan fungsi wartawan sebagai pilar kelima demokrasi tetap eksis dan berjalan sesuai kaidah kaidah kode etik jurnalistik,” paparnya.

Selanjutnya Ketua PWI Subang yang baru dilantik Zaenal Mutaqin, dalam paparanya, terkait program PWI kedepan sebagai alas dasar dikeanggotaan PWI akan menyelenggarakan Orientasi Keorganisasian dan Kewartawanan (OKK) tahun 2023 ini, akan merekrut anggota muda PWI Subang.

“Ya, dengan terselenggaranya kegiatan ini, saya tak mengurangi rasa hormat, atas dukungan semua pihak, terutama rekan rekan panitia sehingga acara pelantikan ini berjalan lancar, dan sukses saya ucapkan terima kasih,” pungkasnya.

Deny