Dadan Hidayatulloh Ucapkan Hari Santri Nasional 2023 ‘Jihad Santri Jayakan Negeri’

Beritatandas.id – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dadan Hidayatulloh, menyampaikan ucapan Selamat Hari Santri Nasional yang diperingati hari ini, Minggu 22 Oktober 2023.

“Dalam momentum ini, saya mengucapkan selamat Hari Santri Nasional 22 oktober tahun 2023 kepada kaum muslimin dan kepada kaum santri di seluruh indonesia, Jihad Santri Jayakan Negeri,” ungkapnya.

Dadan mengatakan bahwa hari santri merupakan momentum untuk mengingat jasa para kiyai dan para santri yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

“Hari Santri merupakan momentum untuk kita mengingat dan mengenang jasa para santri yang telah berjuang menegakkan kemerdekaan Indonesia,” katanya.

Dadan menuturkan ditengah pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini mau tidak mau kalangan pesantren harus bisa adaptif.

“Hampir 77 persen penduduk Indonesia sudah menggunakan internet. Angkanya mencapai sekitar 210 juta, ini jumlah sangat besar.Kalau tidak diisi oleh narasi narasi Islam yang ramah maka akan diisi oleh kelompok lain,” tuturnya.

Lanjut Dadan, saat ini santri telah membuktikan bisa bersaing di berbagai bidang kehidupan saat ini. Contohnya, bagaimana dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir santri mampu mengisi dunia digital atau dunia maya dengan pandangan Islam yang ramah.

“Sekarang banyak ulama-ulama muda yang sudah mulai mengisi ruang digital tersebut. Ini menunjukan bahwa hasil pendidikan pesantren bisa sejajar dengan pengetahuan manapun,” ujarnya.

Dadan menambahkan bahwa peringatan Hari santri nasional lahir berkat usulan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI yang kemudian di respon dan ditetapkan oleh presiden Joko Widodo.

“Dulu Pak Jokowi melalui usulan dari berbagai kalangan pesantren dan dikawal oleh PKB, menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional di Masjid Istiqlal Jakarta, pada 15 Oktober 2015,” ujarnya.***