HSN 2023, Dadan Hidayatulloh: Santri Motor Penggerak Kemajuan Bangsa

Beritatandas.id – Peringatan Hari Santri Nasional yang tahun ini jatuh pada hari Minggu, 22 Oktober 2023 berlangsung khidmat dan meriah dilaksanakan di sejumlah daerah di Jawa Barat, seperti Peringatan HSN di Kabupaten Garut.

Anggota DPRD Jabar Dadan Hidayatulloh mengatakan HSN merupakan panggilan untuk memperkuat peran umat Islam Indonesia dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai sebuah kesepakatan kesatuan dan kedaulatan yang diwariskan oleh para pendiri bangsa.

“Tema HSN Tahun 2023 “Jihad Santri Jayakan Negeri”, memiliki makna yang mendalam. Kata “Jihad” dalam Islam, bukan sebatas pertempuran fisik melainkan perjuangan secara keseluruhan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu, dan memperbaiki diri,” kata Dadan rilis yang diterima wartawan Minggu 22 Oktober 2023.

HSN ini sendiri, kata Dadan merupakan momentum untuk merenungkan bagaimana peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan, yang dapat menjadu motor penggerak kemajuan bangsa.

“Sebagai santri, kita tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik, tetapi bertanggungjawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku kita sehari-hari,” pungkas dia.***