Danpos Kutawaluya Koramil 0404/ Rengasdengklok Berikan Pengamanan Kirab Budaya di Desa Sindangmukti

Kodim 0604/Karawang, beritatandas.id –Danpos Kutawaluya Koramil 0404/Rengasdengklok Peltu Jagarudin bersama Camat Kutawaluya Ade Setiawan menghadiri Kirab Budaya desa Sindangmukti, Kecamatan Kutawaluya, Karawang. Minggu (03/12/2023).

Dalam kesempatannya Danpos Kutawaluya Koramil 0404/Dengklok, Peltu Jagarudin mengatakan Kegiatan ini sangat positif sekali disamping menjadi wahana sosial kemasyarakatan  dan bentuk kekompakan dalam menjungjung budaya.

“Selain itu juga memberi gambaran betapa masyarakat  masih menjunjung tinggi adat istiadat yang diwariskan oleh leluhur, dan juga mencerminkan kerukunan yang luar biasa,”katanya.

Masih kata Danpos, Kirab budaya  dilepas  dari kantor perbatasan Desa sindangmukti menuju Kantor Desa, Para anggota Koramil  juga ikut mengamankan dan menyukseskan jalannya kegiatan tersebut sampai finish.

“Rombongan kirab disepanjang jalan diiringi oleh seni budaya serta berbagai kesenian lainnya sehingga menambah kemeriahan acara tersebut,” ujar Danpos

Sementara itu Camat Kutawaluya Ade Setiawan, mengatakan Kirab budaya ini adalah suatu kebanggaan tersendiri untuk desa sindangmukti dan kebanggaan kecamatan Kutawaluya.

“Ini sebuah kegiatan yang positif di mana kita memang harus Ngamumule budaya (mempertahankan), kita tanamkan masyarakat terutama generasi muda untuk mencintai budaya,” kata Camat.

Ditambahkannya, budaya berasal dari desa, dengan budaya dan kearifan lokalnya suatu negara suatu bangsa tidak akan pernah ada, tidak akan pernah terwujud tanpa keberadaan desa.

“Selamat desa Sindangmukti, semoga masyarakatnya selalu dilimpahkan keberkahan dan kelimpahan panennya, sejahtera, aman, tentram dan sehat,” harapnya. ( Team 11 )