Desa Sindangmukti Gelar Pesta Rakyat Kirab Budaya Dengan Tema “Jaga Budaya, Budaya Ngangkat Desa”

Karawang, beritatandas.id – Sayup-sayup terdengar suara musik bergema dari pengeras suara mengiringi rombongan warga  Desa Sindangmukti mulai dari anak-anak, tua dan muda,  berbaju daerah yang laki-laki berpakaian pangsi yang wanita berkebaya.

Mereka berbaris rapi sambil sesekali bercanda ria penuh kebahagiaan, rombongan paling depan bapak bapak yang membawa spanduk bertuliskan Kirab Budaya.

Dibelakangnya pasukan pembawa gunungan yang terbuat hasil pertanian dan pembawa 2 patung replika kerbau hingga anak anak memakai baju karnaval yang diikuti oleh pasukan pengiring.

Perjalan mereka kurang lebih 2 km  menyusuri jalan-jalan desa, dimulai dari Gapura Desa menuju Kantor Sindang Mukti, masyarakat antusias menyaksikan dari pinggir jalan.

Sesekali mereka menggoda pasukan kirab tersebut, saling berinteraksi. Raut kegembiraan terpancar dari peserta kirab budaya dan masyarakat yang menyaksikan.

Dengan semangat persatuan mereka bersama sama untuk ikut tampil dalam kirab budaya, kali ini Pemdes Sindangmukti dalam gelaran Kirab budaya dan pesta rakyat mengambil tema “Jaga Budaya, Budaya Ngangkat Desa”.

Namun ada yang lebih unik dalam kirab budaya tersebut, saat wanita berparas anggun menunggangi sisingaan, dia adalah Rachmawati Dewi, seorang Kades Sindang mukti sang inisiator Pesta Rakyat dan Kirab Budaya.

Disela sela acara, Kepala Desa Sindang Mukti Rahmawati Dewi mengatakan,  bahwa kirab budaya ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah, yang telah melimpahkan rezeki kepada masyarakat Desa Sindangmukti. Selain itu ada dua poin penting yang bisa dipetik dari kirab budaya kali ini yaitu tontonan dan tuntunan.

“Prosesi kirab budaya ini juga bisa melambangkan dua hal, yaitu sebagai tontonan (Hiburan bagi masyarakat) dan tuntunan (Sebagai pengingat bahwa kita patut bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah)”, kata Dewi pada Minggu (3/12/2023).

Dewi juga berharap seluruh warga desa Sindangmukti mendapatkan keberkahan lewat kirab budaya tersebut. Tak lupa Kepala Sindangmukti juga berterimakasih kepada apdes dan masyarakat karena telah membantu dan melibatkan diri dalam kirab budaya.

“Terlihat hari ini masyarakat semua gotong royong dalam kemeriahan dan antusias berpartisipasi menampilkan kirab budaya dari masing-masing dusun,tidal lain dan tidak bukan kirab budaya ini bertujuan dalam mewujudkan cita-cita kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu Hendra, Salah satu warga Sindangmukti Mukti mengapresiasi dan bersyukur gelaran Kirab budaya bisa terselenggara kembali.

“Suatu kebanggaan bagi kami, dengan Kirab budaya bisa membangkitkan budaya budaya bangsa dan leluhur kita,” ucapnya.

Pihaknya,berharap kirab budaya ini bisa digelar secara rutin, dan berkelanjutan, menurutnya selain membangkitkan budaya juga bagian dari silaturahmi dan hiburan masyarakat.

Lex