Drainase Buruk Menjadi Bagian Terjadinya Banjir di Purwadadi

beritatandas.id, SUBANG – Subang (8/2/2021) beberapa wilayah di Kabupaten Subang teredam banjir akibat hujan yang tak kunjung reda dari hari Minggu kemarin. Salah satunya di Dusun Pulo Desa Purwadadi Barat yang menjadi langganan banjir di musim hujan setiap tahunnya. Pasalnya sistem drainase yang kurang mumpuni menjadi salah satu penyebab banjir tersebut.

Tidak hanya pesawahan, kali ini banjir sampai menggenangi jalan maupun lapangan voli di Dusun Pulo sampai hampir memasuki rumah warga. Saat ditemui, Sekertaris Desa Purwadadi Barat Anwar mengaku bahwa belum adanya perbaikan yang dilakukan dalam proses pengeliran air disawah sehingga berdampak akan gagalnya panen puluhan hektar bagi petani tahun ini.

“Memang sangat disayangkan, tapi semoga perbaikan bisa segera dilaksanakan secepatanya untuk mencegah dampak yang lebih buruk” ujar Anwar.

Selain Purwadadi, beberapa wilayah terdekat seperti Tanjungsari, Desa Parapatan  dan Kumendung menjadi wilayah yang terkena banjir musim hujan ini. Lanjut Sarmain ketua Ormas Jampang wilayah Cikaum Bahkan lebih parahnya banjir tersebut mengakibatkan jembatan/ sasak ganting putus, terendamnya rumah warga sampai warga harus dievakuasi ke Kantor Desa untuk sementara sampai air menyurut.

Salah satu Desa di Tanjungsari di RT 05 RW 06 Kecamatan Cikaum mengalami listrik padam semalaman (7/2/2021) karena dampak dari banjir tersebut.

Semua warga berharap agar banjir bisa segera berlalu dan pemerintah bisa mengupayakan untuk proses evakuasi maupun bantuan pangan dan kesehatan bagi warga yang terdampak.

Reporter : Cicay