Genjot Bumdes, DPRD Jawa Barat Sebut Perlu Belajar ke Banten

beritatandas.id, Bandung – Berkunjung ke DPRD Banten, Anggota Komisi l, H. Nasir mengapresiasi pembahasan raperda Bumdes di wilayah tersebut.

Nasir, anggota DPRD dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa mengunjungi DPRD Banten untuk mempelajari pembentukan dan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Badan Usaha Milik Desa (Bumdes ) yang dilakukan Provinsi Banten.

Menurutnya, Provinsi Banten memiliki potensi dalam pengembangan Bumdes, khususnya dalam pengembangan hasil pertanian dan laut. Belum lagi dari sentra kerajinan, yang mendongkrak perekonomian.

Secara geografis, Banten dan Jawa Barat tak jauh beda. Kesamaan geografis ini, kata Nasir, dapat menjadi peluang untuk ditiru dalam meningkatkan Bumdes.

“Lebih jauh lagi ada hasil hasil kreativitas masyarakatnya, hasil kerajinannya cukup banyak, dan saya kira ini sebuah potensi yang harus dipelajari oleh Jabar,” ujar Nasir.

Dia berharap, Jawa Barat dapat mengikuti apa yang sudah dilakukan Banten dalam menunjang perkembangan Bumdes. Terutama dalam Raperda, guna mematangkan Bumdes demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat tiap pelosok daerah, di masa mendatang.

“Ke depannya, Jabar harus belajar dan lebih baik lagi dalam membahas Raperda Bumdes ini, yang biasa dan kita bisa belajar dari situ,” tutupnya.***