Gubernur Usulkan Tiga Calon Daerah Otonomi Baru di Jawa Barat, Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ungkap Progresnya

Bandung, beritatandas.id – Wakil Ketua DPRD Jawa Barat H Oleh Soleh menyebut saat ini pihaknya tengah membahas tiga Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) yakni, Tasikmalaya Selatan, Garut Utara, dan Cianjur Selatan yang diajukan oleh Gubernur Jawa Barat untuk menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB).

Oleh menyampaikan usai Gubernur Jawa Barat mengajukan tiga CDOB ini DPRD Jawa Barat langsung membuat Panitia Khusus (Pansus) 1 Tahun 2022.

Pansus 1 Tahun 2022 ini menelaah dan meneliti lebih lanjut usulan Gubernur ini dari sisi kelayakan, administratif, dan lainnya.

Apabila usulan ini sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan selanjutnya DPRD Jawa Barat akan membuat aturan berupa Keputusan DPRD

Oleh menyampaikan selaku Pembina Pansus, dirinya menargetkan secepatnya agar pembahasan di Pansus segera selesai dalam kurun satu atau dua bulan mendatang.

“Nantinya Pansus ini akan menelaah, meneliti tekait sisi administrasif dan kelayakan untuk disetujui antara Gubernur dan DPRD untuk ditingkatkan menjadi Keputusan DPRD,” kata H Oleh Soleh Jumat, 11 Februari 2022.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa ini mengutarakan dengan adanya pembahasan ini dirinya berharap aspirasi masyarakat di tiga kabupaten ini dapat terakomodir.

Selain itu, Apabila pembahasan tiga CDOB ini sudah selesai di tingkat Pansus ia berharap segera diusulkan ke pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar CDOB Tasikmalaya Selatan, Garut Utara, dan Cianjur Selatan ini jadi CDOB yang diprioritaskan.

“Sehingga harapan masyarakat di tiga CDOB bisa terakomodir dan bisa masuk ke Kemendagri sebagai CDOB yang diprioritaskan,” pungkasnya.***

Redaksi