IWO Goes To School, Kenalkan Jurnalistik Online di SMAN 1 Karawang

beritatandas.id, KARAWANG – Sebanyak 30 siswa SMAN 1 Karawang antusias mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik dasar yang digelar oleh Ikatan Wartawan Online (IWO) Karawang, Rabu (22/1/2020).

Acara bertajuk “IWO GOES TO SCHOOL” ini akan secara maraton digelar di beberapa sekolah tingkat SMA dan SMP sederajat yang ada di Karawang.

Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) karawang, Ega Nugraha, menjelaskan, program IWO Goes To School merupakan implementasi dari program IWO selama satu tahun ke depan. Program ini sudah disepakati saat acara Rakerda IWO akhir tahun 2019 lalu.

“Kami ingin merangsang para siswa untuk melek dalam dunia jurnalistik khususnya jurnalistik online atau daring. Caranya dengan menggelar pelatihan jurnalistik,” ujar Ega, usai kegiatan.

Kegiatan dilaksanakan di Aula SMAN 1 Karawang. Dalam kesempatan itu, pengurus IWO juga mengajak para siswa dan siswi termausk guru untuk berperan aktif mengirimkan karya jurnalistik terutama seputar kegiatan sekolah.

Dalam pelatihan itu juga, setiap siswa mendapatkan berbagai materi antara lain dasar-dasar penulisan berita, kode etik jurnalistik, serta mendapatkan informasi seputar kegiatan para jurnalis dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.

“Alhamdulilah kegiatan ini sangat disambut baik oleh siswa dan guru di SMAN 1 Karawang,” ujarnya.

Ega berharap, kedepan sekolah bisa mengirimkan bahan berita berbagai kegiatan di lingkungan sekolah maupun luar sekolah sesuai kaidah jurnalistik.

“Kiriman dari siswa ini akan dimuat di beberapa media online yang tergabung kedalam IWO Karawang,”
ucap Ega.

Hadir dalam kegiatan tersebut beberapa perwakilan guru diantaranya Lati Andriani (wakasek kesiswaan), Hj Nurhasanah (pembina harian OSIS), Widada (wakasek kurikulum), Nafis Kurtubi (pembina keamanan), Umulhaya (wakasek sarana), Asep Supriadi (wakasek humas ).

Mewakili kepala sekolah Drs H. Dwi Setyono Agus HS, M.Pd, Wakasek Kesiswaan Lati Andriani, menyambut baik kegiatan yang digelar oleh IWO Karawang. Lati berharap, kegiatan ini bisa bermanfaat untuk para siswa ditengah kemajuan teknologi serba online seperti saat ini.
Sementara pengurus IWO Karawang ikut hadir memberikan materi diantaranya Ega Nugraha (pojokjabar.com), Junudi (inilahonline.com), Haris (zonadinamika.com), dan Ludi (datapublik.com).

Redaksi