Jembatan di Desa Cidugaleun Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Ambles Tergerus Luapan Air Sungai

“Jembatan Sungai di Desa Cidugaleun Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya telah putus,” kata Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Hery Haryanto, S.I.K., M.M., Minggu (08/05/2023).

Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Hery Haryanto, S.I.K., M.M., mengatakan peristiwa itu terjadi pada Minggu (08/05/2023) kemarin. Jembatan itu ambles berawal saat hujan deras mengguyur kawasan setempat hingga air sungai meluap dan mengikis pondasi jembatan.

“Karena hujan deras dan mengikis pondasi jembatan,” sebut Suhardi Hery Haryanto.

Saat ini, kata dia, Anggota Sat Samapta Polres Tasikmalaya telah memasang garis penghalang atau garis polisi di lokasi agar warga tak melintasi jembatan itu untuk sementara. Garis polisi itu dipasang setelah petugas meninjau lokasi.

Dia menyebut akibat kejadian itu, akses warga desa Cidugaleun di sana terputus, akhirnya Warga tidak bisa melintasi jembatan tersebut.

“Beberapa desa (terdampak tidak bisa melintas),” ujar Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Hery Haryanto, S.I.K., M.M.

“Tidak boleh dilalui oleh masyarakat yang menggunakan roda dua, roda empat, maupun oleh masyarakat yang berjalan kaki.” Tambah Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Hery Haryanto, S.I.K., M.M.

Dia juga menuturkan selama jalan alternatif belum dibangun oleh Pemkab Tasikmalaya, pihak BPBD telah menyediakan perahu untuk membantu warga melintas.

“Pihak BPBD sudah menyediakan perahu karet untuk membantu warga melintasi jembatan yang putus,” sebut Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Hery Haryanto, S.I.K., M.M.

Kapolres Tasikmalaya
AKBP Suhardi Hery Haryanto, S.I.K., M.M.