Komisi I DPRD Provinsi Jabar Lakukan Kajian Kerjasama TPPAS Legok Nangka dengan Kabupaten/Kota

beritatandas.id, BANDUNG – Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Nasir mengatakan, pihaknya berencana melakukan kajian kerjasama Tempat Pengelolaan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Legok Nangka dengan kabupaten/kota.

Menurutnya rencana kajian tersebut, akan melibatkan komisi-komisi terkait lainnya.

“Kajian-kajian ini memang tidak cukup dengan hanya komisi 1 saja, kelihatannya harus lintas ke komisi lain seperti komisi 3 dan komisi 4 karena disitu ada infrastruktur fisik dan dalam masalah pemerintah memiliki kewajiban dalam pembayaran tipping fee oleh provinsi,” ujar Nasir Rabu (24/2/2021).

Nasir menambahkan, mengingat kebutuhan akan keberadaan TPPAS tersebut sudah sangat dibutuhkan pihaknya berharap, persiapan mulai dari hilir dimulai dari pengambilan sampah dan sebagainya terdapat perubahan yang signifikan dari pengolaannya, karena sampah adalah wajah peradaban.

“Kita lihat efisiennya bagaimana jika menggunakan skema tersebut. Bagi daerah-daerah yang diajak kerjasama dan performa keuangan pemerintah provinsi juga,” ucapnya.

Pihaknya pun menghimbau, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat terbuka karena TPPAS Legok Nangka adalah bagian dari proyek Strategis Nasional.

“Intinya kita mendukung, waktunya memang dibatasi karena akan habis masa kontrak dengan TPSA Sari Mukti jadi ini sangat penting. Karena ini memang investasi swasta 100% tapi pemerintah punya kewajiban untuk bayar per tahunnya hingga 20 tahun, maka ini perlu dikaji juga”, ujarnya.

Redaksi