Kunjungan Pangdam III Siliwangi ke Subang

beritatandas.id, SUBANG – Panglima Daerah Militer (Pangdam) III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto melakukan kunjungan kerja ke lokasi Klaster Ketahanan Pangan Kabupaten Subang, Bukit Nyomot Kecamatan Serangpanjang, Subang pada Minggu (24/1/2021).

Kunjungan kerja Pangdam III Siliwangi ini dalam rangka meninjau lokasi lahan ketahanan pangan, atau program nasional yang disebut food estate, food estate sendiri merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan dalam rangka mengantisipasi krisis pangan pasca pandemik Covid-19 yang mewabah diseluruh dunia termasuk Indonesia.

Diketahui sebelumnya, kerjasama Pemerintah Kabupaten Subang dan Pangdam III Siliwangi dimulai pada awal 2020 lalu, yang diawali dengan pembahasan pemanfaatan lahan tidur bersama Kepala Staff Angkatan Darat (Kasad) TNI.

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto yang saat itu dampingi oleh Danrem Sunan Gunung Djati Cirebon, Kolonel Inf.Elkines, Serta Dandim 0605 Subang Letkol Arh. Edi Maryono, Disambut oleh seluruh jajaran Forkopimda Subang di Vila Bukit Nyomot yang juga termasuk lokasi lahan ketahanan pangan.

Disela kegiatan peninjauan tersebut Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, ia selaku TNI dan Forkopimda Provinsi akan mendukung penuh program nasional tersebut, “Malelaui jajaran kami di Kodim 0605 Subang, kami bahkan siap mensuport program Kabupaten Subang secara keseluruhan,” ujarnya ketika diwawancara awak media disela menijau lahan disekitar vila.

“Kami di Provinsi tentu akan lebih bersinergi untuk kesejahteraan masyarakat, saya imbau betul agar jajaran di Kodim lebih menunjukan sinergitas dalam mendukung program pemerintah Kabupaten,” tandasnya.

Masih dituturkannya, proses penjajakan untuk pemanfaatan lahan tidur program food estate di Kabupaten Subang sudah dibicarakan sejak lama, dan akan dimulai secara bertahap, ketika ditanya perihal waktu dimulainya eksekusi lahan tersebut Mayjen Nugroho mengatakan jika eksekusi akan dimulai dengan segera, “Kita patut bersyukur atas apa yang diperbuat Kang Jimat, pokoknya ikan sepat ikan gabus, lebih cepat lebih bagus.” imbuhnya sembari tersenyum.

Semenatara Bupati Subang yang kerap disapa Kang Jimat memaparkan bahwa lahan tidur di Kabupaten Subang merupakan potensi bagi pengembangan klaster ketahanan pangan, “Kami memiliki sekitar 4.000 hektar yang meliputi lima wilayah Kecamatan untuk keperluan lahan tersebut,” ujar Kang Jimat

Dirinyapun berharap kerjasama yang telah dijalin bersama TNI bisa berkelanjutan demi suksesi program pemerintah daerah, “Kami sangat berharap bisa diperpanjang dan dilanjutkan terkait program yang sudah berjalan, tentunya demi mempercepat pembangunan Kabupaten Subang.” harapnya.

 

 

Reporter : Irvan