LSM GMBI Sorot Proyek MCK di SDN Sukaindah yang Dibangung Asal Jadi

beritatandas.id, BEKASI – Proyek pekerjaan MCK SDN Sukaindah 02 yang di gelontorkan oleh Dinas Cipta Karya dan Penataan Ruang pemerintah Kabupaten Bekasi, yang dikerjakan oleh CV Tamani Indah yang berlokasi di Desa Suka Indah, Kecamatan  Sukakarya Kabupaten Bekasi, dinilai kuat dugaan sarat dengan penyimpangan, Hal ini ditenggarai lantaran selain dilokasi kegiatan tidak adanya pengawasan dari konsultan maupun Dinas Cipta Karya dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi.

Diketahu dari pantauan dilokasi bersama warga, kegiatan proyek pembangunan MCK di SDN Sukaindah 02, bersumber dari Anggaran APBD Kabupaten Bekasi tahun 2020, dengan pagu Anggaran sebesar Rp. 198,394000.00, yang dikerjakan oleh CV Tamani Indah.

 

” Yah, Kuat dugaan proyek pekerjaan pembangunan MCK SDN Sukaindah 02 di kerjakan asal-asalan sebab dari bahan material nya tidak sesuai dan kualitas nya juga kurang bagus, galian pondasi nya cuman di gali sekitar 5 Centimeter, (seharusnya galian pondasi kedalaman 30 cm-red), Hal ini di khawatirkan tidak ada kekuatan  atau ambruk jika galian pondasi cuma 5 Cm,” kata Surda Warga sekitar dan juga selaku sekretaris KSM Sukatani LSM GMBI, Minggu (8/11)

Dikatakan Surda, Kami sebagai warga dan institusi sebagai lembaga sosial kontrol, tentunya berkeinginan yang sama, agar proyek yang di gelontorkan oleh pemerintah kabupaten bekasi dapat terlaksana dengan baik dan benar sesuai dengan RAB serta selalu di pantau oleh konsultan dan orang dinas.

” Miris, lihat bangunan MCK asal jadi dengan anggaran 198 Juta, tanpa di dampingi konsultan dan pengawas dari dinas cipta karya dan penataan ruang (PUPR),” imbuhnya .

” Sebagai masyarakat dan lembaga, kami berharap, agar temuan ini menjadi catatan pada Dinas terkait, Ini baru satu bangunan MCK yang kami telisik, padahal ada 12 titik kegiatan pembangunan MCK di Kecamatan Sukakarya yang dikerjkan oleh CV. Tamani Indah, dimungkinkan dikerjakan dengan pola yang sama, agar meraup keuntungan besar di masa pandemi,” pungkas Surda Sekretaris KSM Sukatani LSM GMBI.

Sementara itu rekan media mencoba konfirmasi ke pihak pemborong proyek MCK SDN Sukaindah 02 dengan galian pondasi 5 CM, hingga saat ini belum ada jawaban.

 

 

Reporter : Nay