Reses di Desa Karangtanjung, Mak Sri : Minta Peran Orangtua Beri Perhatian Khusus Bagi Anak Dalam Pembelajaran

Karawang, beritatandas.id – Anggota DPRD Provinsi Jabar Dapil X Karawang-Purwakarta dari Fraksi Partai Golkar gelar Reses II tahun sidang 2021-2022 di desa Karangtanjung kecamatan Lemahabng wadas.

Peningkatan Ekonomi dan  terhadap perempuan dan anak menjadi konsen Sri Rahayu Anggota DPRD Jabar,untuk dilakukannya di Karawang.

Bahkan dalam Reses II Tahun 2022 ini, Anggota DPRD Jabar asli Karawang ini menggandeng Dinkop dan  Disperindag kabupaten Karawang untuk ikut menjelaskan cara pengembangan usaha kepada masyarakat khususnya UMKM yang ada di Karawang.

Anggota Komisi X DPRD Jabar ini mengakui, selama pandemi COVID-19, perekonomian masyarakat turun drastis sehingga berdampak pada daya beli masyarakat turun.

Imbasnya, pelaku UMKM juga pendapatannya ikut turun karena dengan adanya pembatasan mereka tidak bisa berjualan seperti kondisi sebelum pandemi.

Hal itu disampaikan Sri Rahayu  dalam reses II Anggota DPRD Jawa Barat Tahun 2021/2022 di Desa Karangtanjung Kecamatan Lemahabang Karawang,14 Maret 2022.

“Situasi pandemi ini berpengaruh terhadap perekonomian,momentum reses ini kami menggandeng Dinas Koperasi dan UMKM dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karawang, agar masyarakat mengetahui program pemulihan perekonomian dari pemerintah,”kata Sri

Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Golkar itu menyampaikan bahwa dalam program UMKM, pemerintah menyiapkan anggaran bagi pelaku usaha itu ada bantuan bagi pelaku usaha di Tahun 2022 sebesar 2 miliar.

“Pemerintah sudah menyiapkan anggaran kisaran 2 miliar hal itu menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian dalam bidang UMKM,”

Disamping itu dalam resesnya Mak Sri juga  mengingatkan karena masyarakat agar peran orangtua untuk memberikan perhatian saat menempuh pendidikan bagi anak-anaknya.

“Pendidikan sekarang hanya bisa melalui online, Kegiatan belajar hanya jarak jauh,Sedangkan pendidikan karakternya kurang begitu diperhatikan, maka peran orangtua harus memberikan perhatian kepada anak- anaknya dalam pembelajaran,”terangnya.

Mak Sri juga menampung aspirasi dari masyarakat Karangtanjung untuk diperjuangkan,apa yang menjadi ajuan menjadi aspirasinya untuk disampaikan ke Pemprov Jawa Barat.

Sri Rahayu Agustina menyampaikan tetap patuh protokol kesehatan sesuai imbauan pemerintah. Pihaknya juga mengingatkan, bagi masyarakat yang belum di vaksinasi dapat disegerakan dapat dibantu oleh desa.

Sementara itu  Sekretaris Dinas Koperasi, Amid Mulyana, Pemkab Karawang akan memberikan bantuan untuk UMKM berupa peralatan,pelaku usaha dengan mengajukan proposal kepada dinas.

“Usaha apa yang digeluti dan kebutuhan fasilitas penunjang usaha, maka diusulkan kepada Dinas Koperasi dan UMKM,”kata Amid.

Selain itu, Dinkop dan UMKM juga menyiapkan bantuan berupa sertifikat halal, sertifikat tanah untuk pelaku UMKM, sertifikat hak cipta secara gratis.

Ditempat terpisah Disperindag Karawang, Ahmad Rifai,bahw Disperindag akan membantu masyarakat yang bergelut di usaha kecil dan menengah.

“Disperindag akan membantu pemasaran UMKM,dan akan ada bantuan untuk usaha kecil menengah, dengan mengajukan proposal,namun harus mempunyai kelompok yang dibentuk masyarakat,”pungkasnya.

Reporter : Lex