Reses di Subang, Nasir Disodori Aspirasi DOB Kabupaten Pantura

beritatandas.id, SUBANG – Warga pantura Subang mendesak Subang utara menjadi kabupaten baru atau Daerah Otonomi Baru (DOB). Desakan itu disampaikan kepada anggota DPRD Provinsi Jawa Barat H Nasir saat melakukan reses di Subang.

“Jika memang aspirasi ini untuk kesejahteraan masyarakat Subang, serta prosedurnya sudah dilaksanakan di tingkat kabupaten, maka saya mendukung dan akan memperjuangkan aspirasi pembentukan DOB Kabupaten Pantura ini di tingkat propinsi Jawa Barat,” ujar politisi PKB itu.

Tentunya sebelum diajukan ke tingkat propinsi, tambahnya, pemerintah Kabupaten Subang harus melakukan kajian terlebih dahulu atas kelayakan DOB, baik dari sisi jumlah penduduk, luas wilayah dan kondisi fiskalnya.

“Harus dikaji secara komperehensif terutama kekuatan fiskalnya, jangan sampai DOB membebani masyarakat dan pemerintah dan pada akhirnya justru masyarakat lebih tidak sejahtera,” ujarnya.

Menurutnya, munculnya aspirasi ini salah satunya didorong oleh belum terakomodirnya kebutuhan-kebutuhan masyarakat di pantura, semisal kondisi inprastruktur jalan masih banyak yang rusak, layanan rumah sakit daerah yang belum ada di pantura, dan perhatian pemkab yang kurang ke daerah pantura.

“Karenanya saya mendorong agar Pemkab Subang memberikan porsi anggaran yang maksimal untuk pembangunan di pantura, terutama pembangunan RSUD,” pungkas anggota DPRD Jabar yang juga Komisi I itu.

Redaksi