Ruang Nafas Bersihkan Sampah di Tengah Pandemi

beritatandas.id, SUBANG – Perilaku hidup bersih dan sehat menjadi hal yang sangat penting di tengah-tengah wabah virus corona. Sekelompok pemuda Desa Rancabango, Kecamatan Patokbeusi, Kabupaten Subang, Jawa Barat konsen membersihkan sampah lingkungan secara rutin.

Mereka tergabung dalam komunitas Ruang Nafas. Sudah tiga tahun silam, para pemuda itu tak pernah lelah untuk memberaihkan sampah lingkungan, baik organik maupun anorganik.

“Pemungutan sampah dilakukan setiap pekan. Kami sudah berjalan 3 tahun,” ujar ketua Ruang Nafas Luthfi Musadad, Minggu (11/4/2020).

Dia menyampaikan, hal yang terpenting dalam hidup adalah bermanfaat untuk orang lain. Itu yang mendasari dia dan rekan-rekannya untuk bisa berbuat di lingkungan.

“Untuk lingkungan terdekat saja kita mulai. Agar bisa memberikan manfaat,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, Ruang Nafas Rancabango akan terus bergerak, memberaihkan sampah-sampah di Desa Rancabango, meski saat ini baru di Dusun Rancabango.

“Kami akan merambah ke wilayah yang lebih luas. Minimal se Desa Rancabango,” tambahnya.

Disinggung mengenai sampah yang dikumpulkan selanjutnya di kemanakan, dia menyampaikan, ada yang dibuang ke TPSS dan ada yang dikelola untuk menjadi produk kreatif.

“Yang dijadikan produk kreatif untuk hiasan lingkungan. Kemudian ada juga yang memiliki nilai ekonomis,” pungkasnya.

Selain komunitas Ruang Nafas, pemerintah Desa Rancabango juga gencar melakukan pencegahan wabah virus corona. Mulai dilakukan penyemprotan disinfektan, himbauan bahaya wabah virus corona, pemeriksaan warga yang baru datang ke Rancabango, hingga rapid test terhadap orang dalam pemantauan.

Redaksi