Wagub Jabar, Resmikan, Gerakan Santri Tani di Ponpes Assalam

beritatandas.id, SUBANG – Dalam peresmian Gerakan Santri Tani (Gesta) di Pondok Pesantren Modern Assalam, Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Uu Ruhzanul Ulum mengungkapkan pertanian merupakan salah satu hal yang sangat penting di Indonesia.

Uu juga mengungkap jika pertanian lebih utama dibanding pembangunan fisik, teknologi serta sarana prasana, “Karena masyarakat tidak makan handphone, tidak makan besi dan beton, yanh dimakan adalah hasil karya dan jasa para petani,” ujar Wagub Uu ketika diwawancara usai sambutan peresmian Gesta di Ponpes Assalam, Rabu (3/3/2021).

Uu juga menjelaskan jika Ponpes Assalam merupakan Ponpes yang luar biasa, lain dari yang lain, karena gerakan santri tani merupakan inisiasi yang inovatif bagi dunia pendidikan di pondok pesantren.

Uu juga mengungkap apa yang diinisiasi oleh pondok pesantren Assalam merupakan program yang sinkron dengam Pemerintah Provinsi, “Kami punya program yaitu petani milenial, kemudian Santani yaitu santri tani, kemudian program ini adalah Gesta, dan di Menteri Pertanian juga ada nomenklatur tentang santri tani, itu juga merupakan usulan kami (Pemerintah Provinsi),” ungkapnya.

Kemudian Uu menegaskan jika pondok pesantren bisa mengakses bantuan anggaran pengajuan ke Kementrian, “Yang sering kami dengar itu ada anggaran tentang geofrop, tentang peternakan sapi, udang, dan yang lainnya, tinggal pondok pesantrenya yang menghubungi Kementrian nanti kami Pemerintah Provinsi merekomendasi,” imbuhnya.

“Saat ini bidang pertnian memiliki berbagai penyakit, yaitu lahan pertanian menyempit, keluarga petani tidak menurunkan petani, kebijakan pemerintah di Kabupaten dan Kota tidak memperhatikan petani, dengan adanya ini kedepan Insyaallah para petani akan menjadi orang yang hebat, akan menjadi orang yang sejahtera.” pungkasnya.

 

Reporter : Irvan