Wakil Ketua DPRD Jabar Minta Jam Pelajaran Bahasa Sunda di Sekolah Diperbanyak

Bandung, beritatandas.id – Wakil Ketua DPRD Jawa Barat H Oleh Soleh minta jam pelajaran bahasa Sunda di sekolah se-Jawa Barat diperbanyak.

Politisi PKB ini sebelumnya menyoroti banyaknya masyarakat di Jawa Barat yang tidak bisa baca dan tulis menggunakan huruf Sunda.

“Saya yakin 95 sampai 99 persen masyarakat Sunda tidak bisa baca tulis huruf Sunda. Bagaimana mau mempelajari tentang budaya, adat, leluhur kesundaan kalo bahasanya tidak disukai dan tidak digunakan dalam kehidupan sehari hari,” kata H Oleh Soleh Kamis, 20 Januari 2022.

Menurutnya hal ini menjadi PR untuk semua pihak agar diperbaiki supaya budaya Sunda ini terus kuat, ada, dan diamalkan sehari-hari.

“Oleh karena itu harus ada upaya yang dilakukan Pemerintah, Pertama bahasa Sunda perlu diwajibkan jadi kurikulun di sekolah untuk peserta didik dari kelas 1 sampai kelas 12. Kalau sudah ada, jam pelajarannya diperbanyak,” ujarnya.

Sebelulmya Oleh juga mengusulkan kegiatan mingguan di Jawa Barat dalam rangka melestarikan nilai-nilai dan kebudayaan Sunda.

Dalam kegiatan mingguan tersebut nantinya harus melibatkan semua element masyarakat, dalam implementasinya kegiatan ini tidak hanyak dilakakukan di lembaga pemerintahan saja tetapi melibatkan semua element masyarakat.

“Di Jawa Barat harus ada hari yang ditentukan hari untuk menjaga warisan budaya sunda, baik itu di pemerintahan, diperkantoran, di mall, di destinasi wisata, dan lainnya,” pungkasnya.***

Redaksi