Waspada Virus Corona, Johan Minta Turis Asing di Pangadaran Dipantau

beritatandas.id, PANGANDAN – Anggota DPRD Jawa Barat Johan J Anwari berharap Pemprov Jawa Barat mewaspadai potensi penyebaran virus Corona di destinasi wisata Pantai Pangandaran. Sebab wisata pantai Pangandaran merupakan wilayah yang kerap dikunjungi oleh turis asing atau wisatawan mancanegara.

“Setelah ditetapkan Jawa Barat siaga satu Corona, saya melihat sudah ada langkah-langkah strategis yang dilakukan Pemprov Jabar. Namun saya mengingatkan agar kawasan wisata yang rawan atau boleh dibilang kawasan terbuka, seperti Pangandaran mendapatkan perhatian yang cukup,” kata Johan, Kamis (5/3/2020)

“Kejadian Depok harus menjadi cermin, agar kita selalu waspada,” kata Johan.

Langkah antisipasi, menurut wakil rakyat dari daerah pemilihan Kuningan, Ciamis, Banjar dan Pangandaran, ini bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan pengunjung yang datang dari negara yang berpotensi sudah terjangkit Corona.

Langkah konkretnya bisa dilakukan dengan memasang alat pemantau suhu tubuh di gerbang masuk wisata. Sehingga potensi penyebaran bisa ditekan.

“Saya belum tahu, kita punya tidak alat pemantau suhu tubuh. Saya kira itu penting diupayakan, untuk mencegah hal yang tidak kita inginkan. Tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke Pangandaran kan lumayan banyak,” tutur Johan.

“Segera kami undang beberapa dinas terkait dan para pelaku usaha pariwisata termasuk pihak hotel, untuk membahas langkah-langkah antisipasinya seperti apa,” ujar Kusdiana.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Kusdiana mengatakan pihaknya segera mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi kasus virus Corona dalam kaitannya dengan aktivitas pariwisata di Pangandaran. Pihaknya meminta masyarakat tetap tenang atau tak panik menghadapi situasi ini.

Redaksi