Agus Eot: Kita Kawal Bersama Pemilu 2024, Lahirkan Pemimpin, Bukan Penguasa

BANDUNG, beritatandas.id – Ketua IMM Pers Indonesia sekaligus sebagai Ketua Umum MATA GROUP Agus Wahyudin atau yang lebih dikenal dengan panggilan Agus Eot berharap Pemilu dan Pilkada 2024 nanti melahirkan sosok pemimpin, bukan penguasa.

“Pemilu 2024 wajib mewujudkan pemilu berkualitas jadi dapat pemimpin amanah, fatonah. Jadi kita kawal sekarang apalagi kita sebagai Jurnalis yang bisa memberikan informasi aktual, tajam dan terpercaya lewat media massa,” kata Agus Eot, Kamis (20/7).

Dia mengatakan masyarakat memiliki peran penting dalam mencari sosok pemimpin lewat kontestasi pemilu dan pilkada. Jadi distorsi dalam pemilu dan pilkada kawal bersama, ucap dia.

“Ini saatnya masyarakat Indonesia kita cerdaskan untuk memilih calon pemimpin, bukan penguasa,” tambah Agus Eot.

Agus mengungkapkan banyak hal yang perlu dicermati dalam proses pemilihan umum di Tanah Air, terutama pemilihan kepala daerah (Pilkada) dan pemilihan presiden (Pilpres) langsung.

Menurutnya, kekeliruan dari pemilihan langsung di Indonesia menimbulkan banyak dampak negatif. Salah satunya yakni ketika banyak sekali kepala daerah yang terlibat kasus korupsi.

“Sudah banyak orang kena OTT setelah pilkada langsung pada 2005. Semakin tinggi korupsi, semakin kecil dana untuk pembangunan dan pelayanan publik. Maka kita tidak bisa mensejahterakan masyarakat,” kata dia.

Atas dasar itu, ia ingin ada perubahan dari hasil pemilu dan pilkada 2024 mendatang. Agus Eot yakin peran publik bisa lebih dominan dalam mencari sosok pemimpin, bukan penguasa.

“Itu tantangan kita,” kata Agus Eot dalam Percakapannya bareng Awak Media Mata Group.

Redaksi